Alat Pengukur pH Air Berbasis Arduino

Dadang Haryanto, Isnaya Nur Fadilla

Abstract


Air salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi manusia. Setiap hari kita membutuhkan air untuk aktifitas sehari-hari. Dengan air manusia mampu memenuhi kebutuhan hidupnya seperti, minum, mandi, memasak, memcuci baju dan sebagainya. Manfaat air bukan hanya untuk aktifitas sehari-hari yang sering dilakukan, tetapi ternyata air yang digunakan sebagai air minum juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Seperti yang diketahui 80% tubuh manusia mengandung air. Maka dari itu, jika tubuh kekurangan air bisa menyebabkan beberapa penyakit. Pemanfaaatan air sebagai kebutuhan primer menjadikan air berada pada tingkat kebutuhan tertinggi. Air yang dibutuhkan tentunya adalah air bersih dan sehat yang sudah ditetapkan sebagai air yang dapat dipakai. Air yang dapat pakai harus memenuhi beberapa persyaratan seperti rasa, bau, kekeruhan dan pH air.

Kata Kunci : Air, PH air , Sumber daya alam

Full Text:

PDF

References


I. Tahir, Arti Penting Kalibrasi Pada Proses Pengukuran Analitik: Aplikasi Pada Penggunaan pH Meter dan Spektrofotometer UV. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

F. Silvian, “pH Meter Digital,” Surabaya, 2007.

P. E. Pambudi, “Identifikasi Daging Segar dan Busuk Menggunakan Sensor Warna RGB dan PH Meter Digital,” J. Teknol. Technoscientia, vol. 7, no. 1, pp. 46 – 53, 2014.

N. Ketut and A. Aryanti, “Perencanaan dan Pembuatan Alat Kontrol pH Pada Kolam Pemebenihan Ikan Menggunakan FPAA,” Inst. Teknol. Surabaya, pp. 1–6.

F. Amani and K. Prawiroredjo, “Alat Ukur Kualitas Air Minum dengan Parameter Ph, Suhu, Tingkat Kekeruhan, dan Jumlah Padatan Terlarut,” Jetri, vol. 14, no. 1, pp. 49–62, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v12i1.842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dadang Haryanto, Isnaya Nur Fadilla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

klik-4d.com