RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN NILAI RAPOT KTSP PADA SMP NEGERI 1 SINDANGKASIH

Indriyani Agustin Sugandi, Nanang Durahman

Abstract


SMP Negeri 1 Sindangkasih merupakan salah satu sekolah dasar di kabupaten Ciamis.  Setiap siswa di sekolah tersebut akan mendapatkan raport setelah uts selesai, setelah uas dan ketika akan kenaikan kelas. Guru-guru pada sekolah tersebut akan mengolah nilai untuk setiap siswa. Nilai-nilai tersebut ditulis pada raport yang akan diberikan kepada setiap siswa.. Pengolahan nilai pada SMP Negeri 1 Sindangkasih masih menggunakan cara yang manual. Terdapat kekurangan yang terjadi diantaranya waktu yang tidak efisien karena harus ditulis secara manual, Selain itu sering terjadinya kesalahan penulisan. Dibutuhkan suatu sistem yang terkomputerisasi agar memudahkan pembuatan dan pengolahan nilai raport dan pengelolaan nilai tersebut menjadi lebih efektif dan efisien Dalam pengembangan perangkat lunak yang digunakan menggunakan metode waterfall, dimana langkah-langkahnya yaitu analisis kebutuhan, perancangan sistem dan perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan tahapan wawancara, observasi dan studi pustaka. Dengan adanya sistem informasi pengolahan nilai raport ktsp siswa maka diharapkan Membantu dalam proses pengolahan nilai raport, Mengefektifkan waktu dalam pembuatan raport siswa, Membuat data menjadi lebih akurat.                          

 

Kata Kunci: Raport, Sistem Informasi, Sistem Informasi Pengolahan Nilai Raport.

Full Text:

PDF

References


Dedi, Hilmi Fuad, A. S. (2014). Perancangan Sistem Informasi Human Resources Pada PT . Indonesia Koito. STMIK Bina Sarana Global, 4(1).

Fridayanthie, E. W., & Mahdiati, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal Informatika, 4(2), 126–137.

Hartanto, Dwi. (2013). Sistem Informasi Pengolahan Nilai raport Pada Siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta berbasis Web. Jurnal Ilmiah DASI Vol. 14 No. 04

Kusnawi & Verdiansah D. 2014.Pengembangan Aplikasi Sistem Pengolahan Nilai Raport di MTSN Piyungan Bantul.Jurnal Dasi, 13 (1) : 45-51.

Priyadi, Yudi. (2014.) Kolaborasi SQL dan ERD dalam Implementasi Database. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Romi, Sri. (2013). Pengantar UML. Diambil dari: http://ilmukomputer.com. ( 20 April 2018)

Samsinar . Anggraini Putrianti. (2015). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Persediaan Obat Studi Kasus : Apotek Aini Farma. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2015(Sentika), 157–164.

Sari, A. M., Asnawati, & Yulianti, L. (2015). Aplikasi Pendataan Pasien Rujuk Balik Perserta Badan Penyeleggara Jaminan Sosial(Bpjs) Bengkulu. Jurnal Media Infotama, 11(2), 102. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/257/236

Shalahuddin, dan Rosa A.S. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Suma, Arif. (2013). Relationship pada perpustakaan. Diambil dari: http://mahasiswa.ung.ac.id/921409030/home/categories/921409030_tugas_kelo. (20 April 2018)

Wardani & Susy Kusuma.(2013). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Siswa berbassis Web Pada Sekolah Menegah Atas (SMA) Muhammadiyah Pacitan.Indonesian Jurnal on Networking Security, 2 (2) : 30-37.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v11i2.808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indriyani Agustin Sugandi, Nanang Durahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensepafimemet.org dajjal.us dajjal.shop sinikangenwin.com.