IMPLEMENTASI SISTEM KEHADIRAN MENGGUNAKAN RFID (Radio Frequency Identification) BERBASIS IoT (Internet of Thing)

Deti Permatasari, Deni Ahmad Jakaria

Abstract


Kehadiran merupakan suatu kegiatan yang paling penting dalam melakukan proses pembelajaran di suatu intansi pendidikan. Banyaknya sekolah negeri dan swasta yang masih menggunakan daftar hadir dengan sistem manual, yaitu dengan cara mempresensikan siswanya satu persatu. Hal tersebut memliki banyak kelemahan diantaranya, tidak praktis dalam pengerjaannya dan banyak membutuhkan ruang untuk tempat penyimpanan arsip dan lain-lain. Dengan seiringnya perkembangan teknologi yang ada, maka penulis dapat membuat alat berupa sistem kehadiran yang menggunakan Kartu RFID berbasis IoT. Sehingga dapat mengatasi kekurangn-kekurangan dari daftar hadir tersebut.

 

Kata Kunci : Kehadiran (Presensi), RFID (Radio Frequency Identification), IoT (Internet of Things)

References


Arafat, M. K. (2016). SISTEM PENGAMANAN PINTU RUMAH BERBASIS Internet Of Things ( IoT ) Dengan ESP8266. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik “Technologia,” 7(4), 262–268.

Anonim.”Pengertian Database”. http://www.termasmedia.com/lainnya/so ftware/69-pengertian-database.html,

Tanggal Akses: 05 Desember 2020.

Hastomo, W.2013.”Pengertian dan Kelebihan Database Mysql”. http://hastomo.net/php/pengertia n-dan-kelebihan-database-mysql/ Tanggal Akses: 05 Desember 2020.

Irna Tri Yuniahastuti, Ina Sunaryantiningsih and Reza Aditya Putra,”Aplikasi Lampu Flip-flop menggunakan Arduino Uno sebagai Pendukung Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman pada Mahasiswa Teknik Elektro UNIPMA” InVotek, vol.19 No.2, 2019.

Mochamad Fajar Wicaksono, ”Implementasi Modul Wifi NodeMCU ESP8266 untuk smart Home,” jurnal teknik computer Unikom, 2017.

Nasrullah, E., 2012, Rancang Bangun Sistem Penyiraman Tanaman Secara Otomatis Menggunakan Sensor Suhu LM35 Berbasis Mikrokontroler Atmega8535, ELECTRICIAN.

Prof. Dr. Jogiyanto HM, M. A., 1993,Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C, Andi, Yogyakarta.

Wulandari, Sri.2016.”Rancang Bangun Mesin Absensi Otomatis Dengan Menggunakan Sensor RFID Berbasis Arduino UNO”.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v11i2.799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Deti Permatasari, Deni Ahmad Jakaria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensepafimemet.org dajjal.us dajjal.shop sinikangenwin.com.