PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA APLIKASI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Akik Hidayat, Hana Meilina Fauziyyah

Abstract


Aplikasi pembelajaran online sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin belajar. Banyak aplikasi pembelajaran online yang tidak memperhatikan tampilan, sehingga banyak yang tidak tertarik dengan aplikasinya. Salah satu metode untuk membuat tampilan adalah menggunakan Design Thinking. Design thinking juga merupakan sebuah framework atau model cara berpikir kreatif untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dan berfokus pada pengguna. Terdapat 5 tahap yang memungkinkan untuk memperoleh keluaran yang inovatif.

 

Kata Kunci— Pembelajaran online, desain antarmuka, user experience


Full Text:

PDF

References


AMALINA, Sabika, WAHID, Fathul, SATRIADI, Vebri, FARHANI, Fionna Saphira and SETIANI, Novi, 2017. Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi). 2017. No. Oktober, p. 50–55.

FAHRUDIN, Rifqi and ILYASA, Reza, 2021. PERANCANGAN APLIKASI " NUGAS " MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN AGILE DEVELOPMENT. . 2021. Vol. 8, no. 1, p. 35–44.

KARNAWAN, Gusti, 2021. Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic. Jurnal Teknoinfo. 2021. Vol. 15, no. 1, p. 61. DOI 10.33365/jti.v15i1.540.

LINARWATI, Mega, FATHONI, Azis and MINARSIH, Maria M, 2016. Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus. Journal of Management. 2016. Vol. 2, no. 2, p. 1.

LUH PUTRI ARI WEDAYANTI, Ni, KADEK AYU WIRDIANI, Ni and KETUT ADI PURNAWAN, I, 2019. Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi). 2019. Vol. 7, no. 2, p. 113. DOI 10.24843/jim.2019.v07.i02.p03.

NUNUNG DWI SUPRIYONO,ABDUL AZIZ, Wahyudi Harianto, 2019. Analisis User Interface Dan User Experience Pada Game Perang Komando Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2019. Vol. 2, p. 95–101.

PRADANA, Aditya Raka and IDRIS, Moh, 2021. Implementasi User Experience Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design Thinking. Automata [online]. 2021. Vol. 2, no. 2.

PUTRA, M Yusril Nugraha and HUDA, Sheila Nurul, 2021. Literatur Review dengan Pendekatan Pengembangan Design Thinking untuk Sistem Informasi Studi Kasus SPP dan Beasiswa. Automata. 2021. Vol. 2, no. 2.

RAZI, Aria Ar, MUTIAZ, Intan Rizky and SETIAWAN, Pindi, 2018. Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia). 2018. Vol. 3, no. 02, p. 219.

SHIRVANADI, Elda Chandra and IDRIS, Moh, 2021. Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center). Automata. 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v10i1.647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Akik Hidayat, Hana Meilina Fauziyyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensepafimemet.org dajjal.us dajjal.shop sinikangenwin.com.