PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 BAGI KELAS 6 SDN WARUNG KAWUNG CISARUA-CIBADAK
Abstract
Media pembelajaran interaktif adalah media yang menggunakan teknologi berbasis komputer. Penggunaan media interaktif dalam proses belajar pembelajaran dapat memotivasi siswa, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Dengan banyaknya konsep yang harus diserap serta proses pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional yang dimana metode konvensional inipara pendidik lebih ke ceramah yang diiringi dengan penjelasan materi. Sehingga menyebabkan para siswa merasa bosan dengan pembelajaran dikelas serta guru harus seringkali mengulangi materi pembelajaran. Ini memicu para siswa menjadi tidak aktif.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran interaktif berbasis multimedia, agar dapat membantu para pendidik untuk bisa lebih mudah dan efektif dalam melakukan proses belajar mengajar, selain itu dapat digunakan sebagai sarana belajar sendiri.
Kata kunci :Media interaktif, Multimedia, Adobe Flash CS3.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education).
Jalmur, N., & Ambiyar, A. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sekaringtyas, T. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD Sukatani IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 159–171
Darmawan, D. (2016). Mobile learning sebuah aplikasi teknologi pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sutarman, A. (2016). Pemanfaatan pembelajaran berbasis komputer model CD interaktif tutorial untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 81–98.
Widiana, I. N. A., Murda, I. N., & Margunayasa, I. G. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 1 dengan bantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA kelas V di SD gugus XIV, kecamatana Buleleng tahun pelajaran 2014/2015. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Prasetyo, H. B., & Renyaan, V. R. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Semester Ganjil Sdnegeri 1 Joton Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(2).
Nur Kumala, Farida. (2016). “ Pembelajaran IPA Sekolah Dasar”. Malang : Infografika.
DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v10i1.566
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fitri - Febrianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.