PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 BAGI KELAS 6 SDN WARUNG KAWUNG CISARUA-CIBADAK

Fitri Febrianti, Anggun Fergina

Abstract


Media pembelajaran interaktif adalah media yang menggunakan teknologi berbasis komputer. Penggunaan media interaktif dalam proses belajar pembelajaran dapat memotivasi siswa, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Dengan banyaknya konsep yang harus diserap serta proses pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional yang dimana metode konvensional inipara  pendidik lebih ke ceramah yang diiringi dengan penjelasan materi.  Sehingga menyebabkan para siswa merasa bosan dengan pembelajaran dikelas serta guru harus seringkali mengulangi materi pembelajaran. Ini memicu para siswa menjadi tidak aktif.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran interaktif berbasis multimedia, agar dapat membantu para pendidik untuk bisa lebih mudah dan efektif dalam melakukan proses belajar mengajar, selain itu dapat digunakan sebagai sarana belajar sendiri.

Kata kunci :Media interaktif, Multimedia, Adobe Flash CS3.

 


References


Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education).

Jalmur, N., & Ambiyar, A. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sekaringtyas, T. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD Sukatani IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 159–171

Darmawan, D. (2016). Mobile learning sebuah aplikasi teknologi pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sutarman, A. (2016). Pemanfaatan pembelajaran berbasis komputer model CD interaktif tutorial untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 81–98.

Widiana, I. N. A., Murda, I. N., & Margunayasa, I. G. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 1 dengan bantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA kelas V di SD gugus XIV, kecamatana Buleleng tahun pelajaran 2014/2015. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Prasetyo, H. B., & Renyaan, V. R. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Semester Ganjil Sdnegeri 1 Joton Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(2).

Nur Kumala, Farida. (2016). “ Pembelajaran IPA Sekolah Dasar”. Malang : Infografika.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v10i1.566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitri - Febrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

klik-4d.com

POSKOBET

POSKOBET

POSTOTO787

POSTOTO787

EMAS787

EMAS787

Slot thailand

SUNDA787

Bandar Togel

ASIABET777

ASIABET777

https://mega888slots.com

https://www.thecarecommunity.com

https://dikporanganjuk.org

https://dikporapapua.org

slot 777

EMAS787

slot gacor

ISO777

beton138

slot gacor

slot

situs slot gacor

slot

pulsa777

Luxury777

https://saidila.com

slot gacor

bandar toto

slot dana

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

https://realbdsmpics.com/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

https://svijet-gljiva.com/

</div

slot thailand