APLIKASI PENGENGENALAN NAMA-NAMA HEWAN DALAM BAHASA SUNDA BERBASIS MULTIMEDIA

Yusuf Sumaryana, Gea Aristi, Gilar Rizki Permana

Abstract


Timbulnya rasa ketertarikan belajar diperlukan untuk mencapai proses belajar pada anak. Namun kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di rumah hususnya pada pelajaran bahasa Sunda kebanyakan masih menggunakan media pembelajaran berupa buku, inilah salahsatu hal yang menyebabkan kurangnya rasa ketertarikan anak untuk belajar sehingga menjadikan kurangnya pengetahuan siswa terhadap mengenal sesuatu pada bahasa Sunda. Untuk mengatasi permasalah tersebut diperlukan sebuah media pembelajaran berupa Game Edukasi yang dapat merangsang rasa ketertarikan belajar pada anak,Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu model pengembangan MDLC (Multimedia Depelovment Life Cycle) dan di bangun dengan aplikasi Adobe Flash Cs6 menggunakan bahasa pemrograman Action script 3.0. Hasil penelitian ini yaitu berupa game edukasi berbasis android yang dibuat untuk di jadikan media pembelajaran yang dapat menarik minat anak untuk belajar mengenal nama-nama hewan dalam bahasa Sunda.

 

Kata Kunci : Game Edukasi, Metode MDLC, Android, Adobe Flash Cs6 ,bahasa Sunda.


References


E. Viorika et al. 2019, “PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ‘ LABIRIN MATEMATIKA ’ SEBAGAI MEDIA LATIHAN SOAL,”.

F. Rozi and K. Khomsatun. 2019, “Rancang bangun game edukasi pengenalan warna untuk pendidikan anak usia dini menggunakan adobe flash berbasis android,” vol. 04, pp. 12–18.

H. Sugiarto. 2018, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol.

I. Akil. 2016, “Rekayasa Perangkat Lunak Dengan Model Unified Process Studi Kasus: Sistem Informasi Journal,” J. Pilar Nusa Mandiri.

Rohayati, Y., Astra, I. . B., & Suwiwa, I. G. 2019. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI MATERI KESEHATAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN REKREASI. Jurnal IKA. https://doi.org/10.23887/ika.v16i1.19824

Rahmawati, E., & Abdulmanan, E. 2019. Permodalan Aplikasi Dunia Islam Mengaji Berbasis Android. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer).

Model-model Diagram UML. Mei 15, 2019. Diakses pada : 20 Desember 2020. [Online]. Tersedia di: https://sis.binus.ac.id/2019/05/15/model-model-diagram-uml/




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v8i2.484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yusuf Sumaryana, Gea Aristi, Gilar Rizki Permana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

klik-4d.com