PERBANDINGAN ANALISIS DESAIN TERSTRUKTUR DAN ORIENTASI OBJEK

Wahyuni Wahyuni, Jhoanne Fredricka, Aexsa Alfyano, Andayani Andayani

Abstract


Dalam membangun sebuah sistem dibutuhkan suatu tahapan analisis dan desain baik yang bersifat terstuktur maupun berorientasi objek. Saat ini untuk mengembangkan sebuah sistem para pengembang masih banyak menggunakan analisis desain secara terstruktur. Dalam analisis desain terstruktur dibutuhkan tools dan teknik untuk pengembangan sistem sehingga hasil akhir akan didapatkan sistem yang strukturnya didefinisikan dengan baik dan jelas. Adapun tools yang digunakan pada analisis desain terstruktur seperti DFD, Kamus Data, ERD dan lain-lain. Akhir-akhir ini analisis desain berorientasi objek mulai populer digunakan untuk mengembangkan sebuah sistem. Analisis desain berorientasi objek melakukan pendekatan terhadap masalah dari perspektif objek, tidak pada perspektif fungsional seperti analisis desain terstruktur. Semua data dan fungsi dimasukkan ke dalam kelas-kelas atau objek-objek. Adapun tools yang digunakan dalam analisis desain orientasi objek antara lain UML, RUP, Fusion, OOA, dll. Dari kedua perancangan sistem tersebut sudah pasti masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk para pengembag dalam memilih jenis perancangan yang akan mereka gunakan.

Kata Kunci: orientasi-objek, analisis desain, analisis desain terstruktur, analisis desain berorientasi objek.


Full Text:

PDF

References


Simarmata, J. (2009). Rekayasa Perangkat Lunak. Medan : Andi Yogyakarta.

Ch. Triwahtuni, A. K. (2003). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Yogya

Omieno, K. Kelvin. (2016). Structured vs Object Orient Analysis and Design: Teknology for Development, University of Choice

Jogiyanto, (2005). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Yogya

Branson, M.J dan E.N. Herness. (1993). The Object – Oriented Development Process. Object Magazine.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v5i1.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Wahyuni Wahyuni, Jhoanne Fredricka, Aexsa Alfyano, Andayani Andayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensepafimemet.org dajjal.us dajjal.shop sinikangenwin.com.