PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI DI UNIT SERTIFIKASI KOMPETENSI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI YBS INTERNASIONAL

Siti Maesaroh, Zeni Muhamad Noer, Herry Fredianto

Abstract


Penelitian yang dilakukan adalah melakukan analisa terhadap proses bisnis, implementasi teknologi informasi yang digunakan di Unit Sertifkasi Kompetensi Sekolah Tinggi Teknologi YBS Internasional. Analisa ini perlu dilakukan untuk perencanaan strategis sistem informasi yang dapat mengakomodir kebutuhan bisnis di bidang sertifikasi.

Pembahasan dilakukan dengan pendekatan Resources Based Strategy. Konsep ini menekankan pada kompetisi dan kompetensi dari unit yang dibahas. Konsep ini sesuai untuk institusi menengah. Pembahasan akan menekankan pada tiga hal yaitu Operational excellence, Customer intimacy dan Product leadership.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebuah perencanaan strategi teknologi informasi yang baik sehingga diperoleh perkembangan usaha dari unit sertifikasi kompetensi. Perkembangan usaha berupa peningkatan konsumen, peningkatan jumlah sertifikasi, peningkatan kualitas dan sertifikasi.

Kata Kunci: kompetensi, kompetisi, Resources Based Strategy.

Full Text:

PDF

References


Fatchur Rochim, A., 2005, Perencanaan Strategis Sistem Informasi Perguruan Tinggi,Sudi kasus di Universitas Diponergoro Semarang, Jurnal Sistem Informasi,UNDIP, Semarang

Jogiyanto HM, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur,Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta

Nisar, Triloka, Joko, 2009, Pemodelan Arsitektur Enterprise Menggunakan Enterprise Architecture Planning Untuk Mendukung Sistem Informasi Akademik di Jurusan Teknik Informatika STMIK Darmajaya Bandar Lampung, Jurnal IBI Darmajaya, IBI Darmajaya, Bandar Lampung

Noran, Velia, S. Sastramihardja, Husni, 2007, Studi Tentang Rekayas Metode Perencanaan Strategis Sistem Informasi, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Tim Teknologi Informasi UNIBRAW, Perencanaan Sistem Informasi Strategis di Universitas Brawijaya (makalah)

Ward, J. and Griffiths, P. , 1996, Strategic Planning for Information Sistem, edisi kedua,John Wiley & Son Ltd,Chicester Ward, John. and Joe Peppard, 2002, Strategic Planning for Information Sistem, Edisi ketiga , John Wiley &Sons Ltd, Englan Wedhasmara, Ari, 20 Desember 2011, Langkah-Langkah Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dengan Menggunakan Metode Ward and Peppard.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v5i1.119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Siti Maesaroh, Zeni Muhamad Noer, Herry Fredianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensepafimemet.org dajjal.us dajjal.shop sinikangenwin.com.