APLIKASI SALES FORCE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SERVICE PT. TELESIM MULTIMEDIA TASIKMALAYA
Sari
Di dalam suatu perusahaan atau dunia kerja sumber daya manusia dituntut agar bekerja lebih efektif, efisien, serta mempuanyai kualitas dan kuantitas dalam pekerjaannya.Manajemen perusahaan yang baik memahami bahwa sumber daya manusia dalam melakukan akivitas sehari-hari didasarkan pada motivasi atau dorongan untuk melakukan pekerjaan dengan hasil terbaik karena daya saing perusahaan semakin besar.
PT. Telesim Multimedia sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi sebagai distributor resmi Telkomsel, salah satunya ada di wilayah kota Tasikmalaya. Dalam pengolahan data dan laporan-laporan yang dilakukan oleh perusahaan tentunya sangat banyak, baik dari segi datanya maupun jenis-jenis laporannya itu sendiri. Salah satu jenis pengolahan data dan laporan tersebut adalah mengenai monitoring pencapaian sales force.
Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu sarana untuk menjalin hubungan yang berkelanjutan antara perusahaan dengan para stakeholder maupun shareholdernya. Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan Customer Relationship Management (CRM) untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. Dengan memanfaatkan Customer Relationship Management (CRM), perusahaan akan mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggannya sehingga akan tercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat dan terbuka serta komunikasi dua arah di antara mereka. Dengan demikian kesetiaan pelanggan dapat dipertahankan dan tidak mudah berpindah ke lain produk dan merek.
Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang SDM bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi.
Kata Kunci: Customer Relationship Management (CRM), Sales Force, Manajemen, Sumber Daya Manusia (SDM)
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Eka Yani Arfina, Dra., Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (1997:456).
Fatansyah, Ir., Basis Data. Bandung : Informatika, 1999.
Henry Simamora, Manajemen Sumber Daya Manusia (2006:5).
Inge Martine, Ir., Pemrograman Borland Delphi 6. Jakarta : PT ElexMedia Komputindo, 2004.
Ichwan, M., Pemograman Basis Data Delphi 7 dan MySql, Bandung, Informatika, 2011.
Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi:pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis, Andi, Yogyakarta, 2005.
Munir, Rinaldi, Algoritma dan Pemograman, Bandung:Informatika,1999.
Durahman, Nanang. Sya’ban, Faisal Ali. 2018. Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA). Vol 5 No 1. STMIK DCI.
Yulianeu, Aneu. 2016. Sistem Berkas. LPPM STMIK DCI.
Ahdi Nurrudin, AY. 2016. Ibadah dan Pasolatan. LPPM STMIK DCI.
Yulianeu, Aneu. 2017. Aplikasi Perhitungan Stok Barang di Waserda Koperasi Unit Desa Minarasa Batukaras dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. JUTEKIN. Vol 1 No 2.
Yulianeu, Aneu. Rahmayati, NM.2017. Sistem Pakar Penentu Makanan Pendamping Air Susu Ibu Pada Bayi Usia 6 Bulan sampai 12 Bulan Menggunakan Metode Forward Chaining. JUTEKIN. Vol 3 No 2.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.