SISTEM PENILAIAN TINGKAT KINERJA DOSEN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING (Study Kasus : STMIK DCI TASIKMALAYA)

Sarmidi -, Eli Turliana

Sari


Keberlanjutan dari sebuah lembaga pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kepuasan dan pemenuhan harapan stakholders.Untuk mencapai jaminan mutu pendidikan diperlukan suatu sistem yang mendorong sesuai dengan standar kualitas dalam manajemen yang konsisten dan berkelanjutan.Salah satu unsur dari komponen kurikulum dalam jaminan kualitas adalah penilaian atau evaluasi produk dan proses pendidikan yang juga disertakan penilaian dosen. Karena dengan adanya sistem penilaian tingkat kinerja dosen maka kualitas kinerja pengajar akan terus di perbaiki lagi. Baik halnya dengan Institut Kualitas Pendidikan di  STMIK DCI TASIKMALAYA.

Sistem penilaian tingkat kinerja dosen ini di lakukan setiap akhir semester.maka di perlukan suatu aplikasi yang akurat untuk mendorong sistem tersebut.Pembuatan aplikasi ini menggunakan Borlan Dhelpi dan MySql sebagai database nya.Metode yang di ambil dalam sistem ini adalah menggunakan metode Fuzzy multi attribute decision making.Metode ini merupakan suatu model yang di perkenalkan oleh Profesor Lofti Asker Zadeh (California University) pada tahun 1965 yang telah menjabarkan perhitungan matematika untuk menggambarkan ketidak jelasan atau kesamaran dalam bentuk variabel linguistik.

Kata Kunci : Fuzzy, Penilaian, Dosen

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Article Metrics

Sari view : 40 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

PENERBIT : LPPM STMIK DCI

  • Jl. Sutisna Senjaya No.158 A Kota Tasikmalaya
  • www.lppm.stmik-dci.ac.id
  • Telepon : 0265-33492

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional View My Stats