ALAT PAKAN AYAM OTOMATIS BERBASIS ARDUINO

Wulan Nur Aziza

Abstract


Bagi pemilik yang memiliki sejumlah besar ayam, dapat menjadi tugas yang sulit untuk menjaga mereka memberi makan sepanjang waktu. Apalagi jika pemilik ayam tersebut juga memiliki kesibukan yang lain. Umumnya para peternak ayam memberikan pakan menggunakan tangan dan harus berjalan sepanjang kandang yang mana kandang tersebut dalam keadaan jumlah besar biasanya jauh dari pemukiman. Kegiatan seperti ini bagi peternak menggunakan waktunya sebaik mungkin.

Pemberian pakan ayam ini dapat dipermudah dengan menggunakan alat mekanik yang dikontrol oleh peralatan elektronik. Sistem ini merupakan alat kontrol yang mampu memberikan pakan ayam secara otomatis sesuai jadwal. Pengendali utama system ini menggunakan mikrokontroller yang telah deprogram sesuai penjadwalan waktu pemberikan pakakn ayam. Metode yang digunakan adalah prototopying yang memiliki keunggulan yangdapat bekerja lebih baik dalam menentukan kebutuhan hidup dan lebih menghemat waktu dalam pengembangan system.

Kata Kunci : Pakan, Ayam, Arduino UNO

Full Text:

PDF

References


Wardoyo, Siswo. 2015. “Pengantar Mikrokontroller dan Aplikasi pada Arduino”

Pratama,, Anggara., A.Rusdinr, dan B.Setiadi, 207. Perancangan dan Realisasi Prototype Sistem Kontrol Otomatis Untuk Kandang Anak Ayam Menggunakan Metode Logika Fuzzy (Pemberian Pakan, Conveyor Berjalan, Kendali Suhu dan Kelembaban), Jurnal, P.1-9

Ridhamuttawin Ajji., A.Trisanto, dan E.Nasrullah. 2013. Rancangan Bangun Model Sistem Pemberi Pakan Ayam Otomatis Berbasis Fuzzy Logic Control. Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro 7(3), P. 125-137

Suhaeni, Neni. 2007. Petunjuk Praktik Beternak Ayam Broiler. Bandung: Nuansa Cendekia

Yuda, A. K. 2016.”Alat Pemberi Pakan dan Minum Otomatis Pada Kandang Ayam Sistem Teknologi Berbasis RTC DS1307”. Tugas Akhir. Polikteknik Negeri Padang.

Harel, D. A. 2018. Pengembangan Prototype Sistem Otomatisasi Alat Pemberi Pakan Ikan Terjadwal Pada Aquarium Berbasis Arduino UNO R3. Jurna Widyakala Volume 5 No. 2 September 2018. Program Studi Informatika Universitas Pembangunan Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v12i1.847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wulan Nur Aziza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

klik-4d.com