PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR 3

Igo Prasetio, Hari Antoni Musril

Sari


Media pembelajaran adalah segala sesuatu baik berupa fisik maupun teknis dalam proses pembelajaran yang dapat membantu guru untuk mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa sehingga memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian yang penulis lakukan yaitu perancangan perancangan media pembelajaran Fisika berbasis android menggunakan smart apps creator 3 di jurusan teknik komputer dan jaringan kelas X SMKN 1 Bukittinggi merupakan penelitian yang bertujuan untuk memudahkan guru dan juga siswa untuk melaksanakan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Menggunakan model pengembangan versi 4-D (four D). 4D terdiri dari define, design, develop, dessiminatte. Model pengembangan sistemnya menggunakan model pengembangan multimedia Luther – Sutopo. Hasil dari penelitian media pembelajaran fisika berbasis android ini mendapatkan nilai uji validitas dengan nilai rata-rata yaitu 0,97 yaitu sangat valid, uji praktikalitas dengan nikai rata-rata 0,97 dengan kategori sangat tinggi, dan uji efektivitas dengan nilai rata-rata 0,90, berdasarkan hasil uji produk media pembelajaran fisika berbasis android ini dapat membantu guru dan juga siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran fisika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


J. Kuswanto and F. Radiansah, “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI,” J. Media Infotama Vol. 14 No. 1, Februari 2018, vol. 14, no. 01, pp. 15–20, 2018.

S. R. Nurhalimah, S. Suhartono, and U. Cahyana, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan,” JRPK J. Ris. Pendidik. Kim., vol. 7, no. 2, pp. 160–167, 2017.

H. A. Musril, J. Jasmienti, and M. Hurrahman, “Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 83–95, 2020.

R. Okra and Y. Novera, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan,” J. Educ. J. Educ. Stud., vol. 4, no. 2, p. 121, 2019.

I. D. Kurniawati and S.- Nita, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” DoubleClick J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 68–75, 2018.

A. D. A. M. D. J. Deriwanto, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar,” J. basicedu, vol. 3, no. 2, pp. 524–532, 2020.

J. Amajida, Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Di Mts Nu Hasyim Asy ’ Ari 03 Kudus. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2020.

A. P. Musmuliadi, “Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop,” J. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 20–28, 2018.

S. Afrianti and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang,” J. Inform. Upgris, vol. 6, no. 2, pp. 2–7, 2021.

A. Sardi, Syamswisna, and Titin, “Feasibility of Submatery Documentary Film of Diversity Concepts, Types, Ecosystems Based on Nepenthes,” Mangifera Edu, vol. 5, no. 2, pp. 78–92, 2021.

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 26–31, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jumika.v8i2.546

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.