ANALISIS PEMAHAMAN SANTRI DALAM MEMPELAJARI KITAB KUNING MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA NAÏVE BAYES DI PONDOK AL ARIFAH BUNTET PESANTREN CIREBON

Cep Lukman Rohmat, Irfan Ali, Aria Pratama, Farid Ali Ma'ruf

Sari


Pendidikan sangat memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas Sumber daya manusia yang ada di Indonesia. Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan utama yang tidak dapat dipungkiri eksistensi dan peranannya dalam perkembangan dunia pendidikan khususnya di Indonesia. Pondok Al Arifah Buntet Pesantren Cirebon adalah salah satu Pesantren yang ada di Buntet Astanajapura Cirebon yang mempelajari kitab kuning dan setiap tahunnya memiliki perubahan dalam data santrinya. Dalam mempelajari kitab kuning di Pondok Al Arifah Buntet Pesantren Cirebon memiliki banyak kendala sehingga santriwan dan santriwati tidak semuanya mampu memahami kitab kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model klasifikasi dari data santri dalam memahami kitab kuning di Pondok Al Arifah Buntet Pesantren Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma Naïve Bayes yang digunakan untuk mengklasifikasi data kemampuan santri dalam memahami kitab kuning. Tujuanya adalah untuk mendapatkan informasi tentang santri yang mampu dan tidak mampu memahami kitab kuning sehingga pengasuh dan pengurus Pondok Al Arifah Buntet Pesantren Cirebon dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menangani santri yang belum mampu memahami kitab kuning. Hasil dari klasifikasi data pembelajaran kitab kuning santri menggunakan atribut yang telah diklasifikasi berdasarkan fitur-fiturnya dan dilakukan literasi pada cross validation sehingga menghasilkan akurasi yang tepat. Berdasarkan hasil pengujian dengan metode algoritma naïve bayes mendapatkan hasil akurasi sebesar 89,14% dengan rincian hasil Prediksi Tidak Mampu yaitu 83 data dan hasil Prediksi Mampu yaitu 138 data. Kesimpulannya adalah metode algoritma naïve bayes mendapatkan tingkat akurasi yang baik dalam mengklasifikasi pencapaian pemahaman santri dalam mempelajari kitab kuning di Pondok Al Arifah Buntet Pesantren Cirebon

 

Kata Kunci : Data Mining, Klasifikasi, Algoritma Naive Bayes.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Syafi’i, Ahmad Helwani. 2020. “Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Sesela.” Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI 5(2): 40–49.

Akbar, Ali, and Hidayatullah Ismail. 2018. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang.” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 17(1): 21.

Febie Elfaladonna, Ayu Rahmadani. 2019. “Analisa Metode Classification-Decission Tree Dan Algoritma.” Science And Information Technology 2(1): 10–17.

Muqoyyidin, Andik Wahyun. 1970. “Kitab Kuning Dan Tradisi Riset Pesantren Di Nusantara.” IBDA` : Jurnal Kajian Islam dan Budaya 12(2): 119–36.

Mahfudh, Adzhal Arwani, and Hery Mustofa. 2019. “Klasifikasi Pemahaman Santri Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berbasis Forward Selection.” Walisongo Journal of Information Technology 1(2): 101.

Sehri, Ahmad. 2010. “Metode Pengajaran Nahwu Dalam Pengajaran Bahasa Arab.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 7(1): 47.

Syaripudin, Undang, Yana Aditya Gerhana, and Hafizh Hasanudin. 2012. “Pembuatan Game Ilmu Shorof (Tashrief) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab.” UIN Sunan Gunung Djati VI(1): 125–36.

Anggraini, Dita suci. 2016. “Journal of Arabic Learning and Teaching.” Evaluasi Belajar 5(1): 28–32.

Bahasa, Jurnal Penelitian. 2018. “PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI Abstract : Bahasa Arab Tanpa Mempelajari Kosakata Bahasa Arab . Seseorang Berkomunikasi Dan Menulis Dengan Bahasa Arab . Dengan Demikian , Penguasaan.” 1(1): 1–16.

Maulida, Linda, Program Studi, and Manajemen Informatika. 2018. “KUNJUNGAN WISATAWAN KE OBJEK WISATA UNGGULAN DI PROV . DKI JAKARTA DENGAN K-MEANS.” 2(3): 167–74.

Ridwan, Mujib, Hadi Suyono, and M Sarosa. 2013. “Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier.” 7(1): 59–64.

Bidang, Penelitian et al. “Jurnal Edik Informatika Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4 . 5 Data Mining Merupakan Bagian Dari Tahapan Proses Knowledge Discovery in Database ( KDD ) . Jurnal Edik Informatika.

Saeful Anwar, Nisa Dienwati Nuris, Yudhistira Arie Wijaya. (2019). Pengelompokkan Tingkat Pemahaman Kurikulum Berbasis KKNI Menggunakan Metode X-Means Clustering. Jurnal Informatika: Jurnal pengembangan IT (JPIT), Vol.04 No.2-2, 2019

Saleh, Alfa. 2015. “Implementasi Metode Klasifikasi Naïve Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga.” Creative Information Technology Journal 2(3): 207–17.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jumika.v8i1.527

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.