PERKEMBANGAN CLOUD COMPUTING PADA GAME ONLINE DAN DAMPAK BAGI PELAJAR DI DESA SUSUKAN GIRANG SUBANG

Mohamad Harris Jaelani, Nanang Durahman

Sari


Game online sendiri merupakan wadah bermain yang sangat digemari remaja, dimana game online mempunyai beberapa daya tarik yang membuat remaja lebih memilih bermain dari pada belajar, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya remaja sering membolos dan menghabiskan waktu didepan komputer ataupun smartphone dari pada membaca buku, sehingga menyebabkan aktivitas sekolahnya terganggu, Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab remaja lebih suka bermain game online, serta mengidentifikasi pengaruh game online terhadap prestasi remaja dan mendeskripsikan cara mengatasi kecanduan game online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif pemilihan informan, orang-orang di ambil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sendiri oleh peneliti sesuai dengan latar dan tujuan dalam penelitian, adapun informan dalam penelitian tersebut adalah pengguna permain game online, orang tua informan, dan juga pemilik game online tersebut. Dari hasil penelitian yang ditemukan faktor-faktor penyebab game online lebih disukai karena game online lebih menarik daripada pembelajaran disekolah, pengaruhnya bagi prestasi remaja tersebut yaitu menurunnya prestasi belajar remaja, dan cara mengatasi kecanduan game online yaitu didikan orang tua sangat diperlukan terutama dalam masalah belajar, remaja lebih ditekankan untuk belajar dari pada bermain game online, memberikan motivasi belajar bagi para remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Solihati, A. (2016). Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar.

Yahya, M. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. Jurnal Ilmiah.

Fauziah, E. R. (2013). Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku anak SMP Negeri 1 Samboja.

Pratiwi, P. C., Andayani, T. R.,& Karyanta, N.A.(2012). Perilaku Adiksi Game-online Ditinjau dari Efikasi Diri Akademik dan Keterampilan Sosial pada Remaja di Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jumika.v8i1.512

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.