RANCANG BANGUN ALAT BANTU AJAR MATEMATIKA UNTUK SD DENGAN ADOBE FLASH CS4

Nanang Durahman, Faisal Ali Sya’ban

Sari


 

Era perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam dasawarsa ini. Perkembangannya mempengaruhi hampir setiap sendi kehidupan, sehingga berpengaruh sangat signifikan terhadap gaya hidup, cara kerja dan cara berfikir masyarakat, untuk menjadi manusia yang tangguh dalam teknologi. Siswa perlu memiliki kemampuan memperoleh, memilih dan mengelola informasi secara cepat dan tepat dari berbagai sumber, sebagai contoh adalah aplikasi multimedia. Aplikasi multimedia digunakan untuk menjelaskan satu sistem yang terdiri dari beberapa media, dimana sudah digunakan media komunikasi dan informasi lebih dari satu cara. Aplikasi multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang lebih banyak dari media grafis. Matematika adalah salah satu pelajaran penting yang diterima oleh anak-anakusia sekolah. Setiap anak-anak diberikan pelajaran matematika sejak dinikarena matematika sangat perlu dikuasai agar anak-anak dapat menyelesaikanmasalah yang lebih kompleks lagi dalam kehidupan sehari-hari. Sudah menjadi pendapat umum, bahwa matematika kurang diminati oleh siswa diseluruh jenjang pendidikan. Kekurangan minat belajar siswa terhadap matematika seperti inilah yang sekarang banyak terjadi di sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta di Indonesia.oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan Adobe Flash CS 4 dalam proses pembelajaran matematika agar mampumembantu anak-anak dalam mempelajari matematika secara mudah danmenyenangkan.

Kata kunci           : Matematika,  Adobe Flash, Aplikasi Multimedia

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jumika.v5i1.323

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.