SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SILIWANGI

Akik Hidayat, Amalyah Nurhasanah

Sari


Perpustakaan merupakan bagian dari sumber belajar yang harus dimiliki oleh setiap sekolah atau perguruan tinggi. Siswa atau mahasiswa dengan mudah mencari informasi atau ilmu pengetahuan melalui perpustakaan. Dengan adanya perkembangan teknologi membuat manusia berfikir untuk dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Salah satunya yaitu membuat sistem konvensional menjadi sistem yang terkomputerisasi. Dengan memanfaatkan fasilitas komputer yang ada di perpustakaan, perpustakaan dapat lebih efektif dan efisien dalam pencarian buku. Pada penelitian ini dirancang suatu sistem informasi menggunakan aplikasi Lazarus dan MySQL. Dengan sistem ini, diharapkan mampu mengatasi berbagai kebutuhan dari user untuk mencari buku dan melakukan pendataan serta memudahkan administrasi dalam sirkulasi peminjaman buku dan pembuatan laporan. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan penulis mengimplementasikan hasil penelitian tersebut kedalam Sistem Informasi Perpustakaan di Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Lazarus, Perpustakaan, Universitas Siliwangi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dr. Hartono, SS., M.Hum, Manajemen Perpustakaan Sekolah; Penerbit Ar-Ruzz Media : 2017.

Fathansyah, Ir, Buku Teks Ilmu Komputer BASIS DATA; Penerbit Informatika Bandung : 2001.

Harianto Kristanto, Ir. Konsep dan Perancangan Database; Penerbit ANDI Yogyakarta: 1994.

Jogianto. H.M. Analisis dan Desain Sistem Informasi; Edisi 1. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset. 1990.

Kurniawan, Randi. Sistem Informasi Manajemen; Penerbit Informatika Bandung: 2013.

Sutarman. Analisis dan sistem informasi; Andi Offset: Yogyakarta: 2009

Yulianeu A, 2016, Sistem Berkas, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Cahyadi R, Yulianeu A, 2018, Sistem Pengambilan keputusan Pencairan Kredit Dengan Metode Scoring System Pada Koperasi Mukti Resik Kota Tasikmalaya, Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (1) (1).

Permanawati RR, Yulianeu A, 2018, Sistem Pakar Untuk Menentukan Suatu Peluang Usaha Dengan Menggunakan Metode Smarter dan Oreste, Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (1) (1).

Illahi FN, Sumaryana Y, 2018, Sistem Informasi Ketersediaan Material Pemeliharaan Jaringan Distribusi di PT PLN (PERSERO) Area Tasikmalaya, Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (1) (1).

Yulianeu A, Noer ZM, 2017, Sistem Informasi Pengolahan Data Produksi dan Distribusi di Perusahaan Pabrik Tahu Jajang Suparman JS Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Tasikmalaya, Jurnal Manajemen Informatika (3) (1).

Yulianeu A, Jakaria DA, 2017, Sistem Informasi Manajemen Keamanan Rukun Warga (Suatu Kajian Ilmiah yang diterapkan di RW 03 Kampung Babakan Talang Desa Cimari Kecamatan Cikoneng Ciamis), Jurnal Manajemen Informatika (1) (1).

Hendrawan A, Yulianeu A, 2017, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) (di Akademik Kebidanan Respati Sumedang), Jurnal Manajemen Informatika (4) (1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.