SIMULASI PENEDEKSI KETERSEDIAAN TOILET UMUM BERBASIS ARDUINO

Agus Ramdhani Nugraha, Dede Husen

Sari


Perkembangan teknologi menciptakan ragam pilihan perangkat otomatis yang diciptakan untuk menciptakan kenyamanan pribadi karena terbantu dalam melancarkan aktivitas profesi atau kegemaran. Simulasi pendeteksi ketersediaan Toilet umum berbasis Arduino sebagai perangkat informasi guna membantu masyarakat dalam hal informasi di gunakan apa tidaknya suatu toilet umum, tantangan timbul ketika melihat suatu antrian antau masyarakat sering langsung masuk tampa melihat kondisi toilet di isi atau tikka.

Tujuan penelitian ini adalah  untuk menghasilkan sebuah alat yaitu alat untuk memberi tahukan Informasi ketersediaan Toilet Umum secara otomatis, dapat memberitahukan di pakai atau tidaknya suatu Toilet umu tersebut, sehingga di harapkan alat tersebut dapat mempermudah dan membantu dalam hal informasi keteersediaan toilet umum tersebut, penelitian ini di lakuakan berdasarkan hasil analisi pengumpulan dan pengamatan  secara langsung, wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dan mencari sumber-sumber yang relevan untuk mendukung secara teoritis.

Bahasa pemrogramam yang digunakan untuk pembuatan program dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan bahasa C dan Arduino Software sebagai alat perancangan program. Karena bahasa C dan Arduino Sofware memang di rekomendasikan oleh perusahaan Arduino.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Berbageilmu. Simulasasi sistem parkir berbasis arduino. https://berbageilmu.blogspot.com/2017/05/membuat-simulasi-sistem-informasi.html

A.E. Fitzgerald, David E. Higginbothan, Arvin Grabed. Dasar-dasar Elektro Teknik, diterjemahkan oleh Pantur Silaban PhD. Erlangga. 1993.

Indrajani, Perancangan Basis Data Dalam All in 1. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta : 2011. halaman 36 & 38.

Howtomechatronic. Tutor penggunaan sensor HC-SR04.

https://howtomechatronics.com/tutorials/arduino/ultrasonic-sensor-hc-sr04/

kumparan. Sejarah toilet dan pengertian toilet.

https://kumparan.com/potongan-nostalgia/sejarah-penemuan-toilet-di-dunia-1536236983414930059


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.