SISTEM KUNCI PINTU RUMAH BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN IRAMA KETUKAN

Dadang Haryanto, Bayu Nugroho

Sari


Saat ini sistem keamanan merupakan hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari, individu maupun kelompok kerap kali memerlukan perlindungan atau keamanan demi menjaga kepentingan atau suatu hal yang dianggap perlu untuk dijaga. Pintu sebuah kunci konvensional.

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini yang semakin cepat dan berusaha menjawab semua kebutuhan manusia. Dengan teknologi saat ini semua kebutuhan manusia relatif dapat merupakan lapisan pertama yang melindungi isi ruangan, karena itulah pintu harus dilengkapi dengan perangkat keamanan. Selama ini kunci pintu yang sering diketahui menggunakan ditunjang, salah satunya dalam masalah keamanan pintu ruangan.Salah satu cara agar dapat meningkatkan faktor keamanan adalah sebuah alat keamanan pintu yang memanfaatkan teknologi arduino uno, dengan menggunakan kunci pintu ketuk bernada.

Maka, penulis mencoba mengembangkan alat yang digunakan sebagai kunci pintu rumah dengan cara mengetuk pintu dengan nada yang telah disesuaikan oleh ketukan. Dengan adanya alat ini, diharapkan dapat membantu dan menjaga keamanan rumah dengan cara yang lebih unik.

 

Kata Kunci: Sistem, Kunci, Arduino, Ketukan, Pintu.


Teks Lengkap:

XML

Referensi


Fauzan Ghifari, Pengertian Otomatis, 2013 Hal 2.

Jani Indra, Simbol-simbol Flow Chart, 2015 Hal 38

Motor servo, http://belajar elektronika. net/motor-servo-pengertian-fungsi-dan-prinsip-kerjanya/

Kadir, A, 2014, Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya menggunakan Arduino, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Singgeta, 2013, Arduino : Belajar Cepat dan Pemrograman, Informatika Bandung, Bandung.

Nugraha, Resi Ikhwan. Nugraha Agus Ramdhani. Simulasi Smart Home Berbasis Arduino. 2017. JUMANTAKA. Vol 1 No 1.

Rizon, Febri Mahyuda. Sarmidi. 2018. Alat Pendeteksi Udara Di Dalam Mobil Menggunakan Arduino Uno. JUMANTAKA. Vol 2 No 1.

N, I, Fathulrohman, Yusuf. Saepulloh, Asep. 2018. Alat Monitoring Suhu Dan Kelembapan Menggunakan Arduino Uno. JUMANTAKA. Vol 2 No 1.

Hidayat, Akik. Supriadi, Dede. 2019. Tongkat Tunanetra Pintar Menggunakan Arduino. JUTEKIN. Vol 7 No 1.

Asari, Mujahid. Sukmaindrayana, Andri. 2018. Sistem Irigasi Internet Of Things Dengan Mikrokontroler Berbasis Mobile. JUMANTAKA. Vol 2 No 1.

Yulianeu A, 2016, Sistem Berkas, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Yulianeu A, Cahyadi R, 2018, Sistem Pengambilan Keputusan Pencairan Kredit Dengan Metode Scoring System Pada Koperasi Mukti Resik Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika, Vol 1 No 1.

Permanawati RR, Yulianeu A, 2018, Sistem Pakar Untuk Menentukan Suatu Peluang Usaha Dengan Menggunakan Metode Smarter dan Oreste, Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika, Vol 1 No 1.

Hendrawan A, Yulianeu A, 2017, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) (di Akademik Kebidanan Respati Sumedang), Jurnal Manajemen Informatika. Vol 4 No 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.