PROGRAM BANTU PERHITUNGAN KONSTRUKSI BANGUNAN RUMAH SEDERHANA

Siti Pojiah Fuad, Sanyata Purwidayanta

Sari


Zaman sekarang ini merupakan era globalisasi yang identik dengan era informsi untuk memenuhi kebutuhan informasi tersebut. Pengguanaan sistem olah data yang berbasis komputer merupakan suatu sistem yang sangat dibutuhkan saat ini. Termasuk dalam bidang konstruksi bangunan rumah, pengolah data sangat diperlukan untuk mengefisienkan waktu dan dapat memperkirakan anggaran biaya untuk membangun rumah. Dalam membangun sebuah bangunan rumah, masyarakat kerap kali menghadapi ketidak pastian dalam perhitungan banyaknya bahan bangunan seperti batu bata, semen, pasir, keramik dan lain sebagainya yang akan diperlukan untuk membangun sebuah rumah. Di zaman sekarang sudah pasti banyak para konsultan bangunan yang bisa membantu untuk memperkirakan banyaknya bahan bangunan yang akan digunakan ketika membangun rumah sehingga memperkirakan anggaran biaya membangun rumah. Masalah perhitungan rencana anggaran biaya membutuhkan penanganan terpadu dan terintegrasi dengan baik antar bagian, hal ini akan lebih mudah diproses dengan menggunakan suatu sistem komputerisasi.

Kata Kunci : Konstruksi Bangunan, Rencana Aanggaran Biaya, Program Bahan Perhitugnan Konstruksi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatansyah, Ir. 2015. Basis Data. Bandung : Informatika.

G, Bush, Vincent. 1991. Manajemen Konstruksi. Jakarta Pusat : Percetakan Grafimatra Tatamedia.

Manullang, Rio. 2016. Dari Tanah Jadi Rumah. Yogyakarta : Andi.

ilmusipil.com, 2017, menghitung volume material, (http://www.ilmusipil.com/cara-menghitung-volume-material, diakses tanggal 6 Maret 2017).

rumahwaskita.com, 2015, analisa harga satuan sni, (http://www.rumahwaskita.com/artikel/tag/analisa-harga-satuan-sni, diakses tanggal 10 maret 2017).

wikipedia.org, 2017, Konstruksi, (http://id.m.wikipedia.org/wiki/Konstruksi, diakses tanggal 04 Januari 2017).

wikipedia.org, 2017, Beton, (http://id.m.wikipedia.org/wiki/Beton, diakses tanggal 26 Maret 2017).

Yulianeu A, 2016, Sistem Berkas, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Yulianeu A, DH, 2016, Penelitian Operasional, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.