SISTEM LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT LINGKUP DESA GUNUNGTANJUNG BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY DENGAN METODE ANTRIAN FIFO
Sari
Pada Pemerintah Desa Gunungtanjung pelayanan publik yang sudah ada masih bersifat menerima pengaduan, belum dapat menjawab aduan yang diajukan dari masyarakat. Hal ini menyebabkan masyarakat kurang puas untuk menyampaikan keluhan mereka. Permasalahan mengenai sarana umum yang terjadi di tengah masyarakat menjadi kendala majunya suatu pemerintahan. Untuk menyampaikan permasalahan dari masyarakat kepada pemerintahnya perlu adanya suatu fasilitas. Fasilitas ini diharapkan bisa membantu menguhubungkan antara masyarakat dengan pemerintah kotanya khususnya Pemerintah Desa Gunungtanjung Pada kenyataannya masyarakat masih sulit dalam menyampaikan pengaduan kepada Pemerintah Desa Gunungtanjung. Apabila pengaduan permasalahan masih bersifat manual maka waktu yang dipergunakan akan tidak efisien. Baik bagi pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Untuk itu Pemerintah Desa Gunungtanjung senantiasa selalu berusaha dengan berbagai cara untuk meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya dengan pembuatan sistem layanan pengaduan masyarakat ini diharapkan akan mengatasi segala permasalahan pengaduan masyarakat. Sistem informasi yang dibuat menggunakan fasilitas SMS Gateway yaitu aplikasi ini menggunakan model SMS dua arah dimana antara pengguna dan aplikasi bisa saling mengirim pesan untuk menerima pengaduan dari masyarakat. Jadi masyarakat tinggal mengirim pesan singkat melalui handphone dan aplikasi akan menerima pengaduan masyarakat tersebut. Setiap pengaduan yang masuk akan ditampilkan pada website secara publik sehingga besar harapan untuk mendapatkan respon dari pihak Pemerintah Desa Gunungtanjung.
Kata kunci: Layanan Pengaduan Masyarakat, SMS Gateway, Web
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ari, Rosihan. (2013).
Panduan Praktis SMS Gateway dengan PHP dan Gammu. http://blog.rosihanari.net/ebook-panduan-praktis-sms-gateway-dengan-php-dan-gammu/, diakses tanggal 21 November 2016.
Arbie, 2004,
Manajemen Database dengan MySQL, ANDI, Yogyakarta.
Afrinapa, Mira. (2015).
Pengembangan Sistem Informasi SMS Gateway Dalam Meningkatkan Layanan Komunikasi Sekitar Akademika Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Penelitian, tidak diterbitkan.
Ardi, Rycha Putri. (2013).
Pemanfaatan SMS Gateway Dalam Pelayanan Informasi Aktifitas Siswa Pada TK Xaverius 5 Palembang. Jurnal Penelitian, tidak diterbitkan.
Fathansyah, (2012), Basis Data, Bandung: Informatika.
Gammu Project. 2009 www.gammu.org
Sale Andy. Perancangan sistem simulasi antrian pelayanan galeri indosat dengan metode FIFO. (https://www.academia.edu/31531508/PERANCANGAN_SISTEM_SIMULASI_ANTRIAN_PELAYANAN_GALERI_INDOSAT_TUBAN_JAWA_TIMUR_DENGAN_METODE_FIFO), diakses tanggal 17 Juli 2017
W3C. (2004). World Wide Web Consortium http://www.w3.org/2004/Talks/w3c10-HowItAllStarted/?n=15. World Wide Web Consortium, diakses tanggal 21 November 2016.
Kristanto, Harianto. 2007. Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Nuraeni, Nunung. 2015. Perancangan Aplikasi Penjadwalan Imunisasi Pada Balita Berbasis SMS Gateway pada Posyandu Nusa Indah Picungremuk Kawalu. Jurnal Penelitian, tidak diterbitkan.
Pahlevy, Randy, Tesar. 2010. Rancang Bangun Sistem pendukung Keputusan Menentukan penerima Beasiswa dengan Menggunakan metode Simpele Additive Weighting (SAW). Skripsi Program Studi Tehnik Informatika. Surabaya,Indonesia: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.
Panerang, Imas. 2014. Implementasi SMS Gateway Pada Kantor Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Batang. Jurnal Penelitian, tidak diterbitkan.
Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering : A Practitioner’s Approach — 7th ed. The McGraw-Hill Companies, Inc.
Sidik, Betha. 2005. MySQL Untuk Pengguna, Administrator, dan Pengembang Aplikasi Web. Bandung: Penerbit Informatika.
Sinambela, Lijan Poltak, dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sukarno, Mohamad. 2006. Membangun Website Dinamis Interaktif dengan PHPMySQL (Windows-Linux). Jakarta. Eska Media Press.
Sutarman.2012. Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Thoyib. 2010. Pelayanan Pelanggan Berbasis SMS Gateway. Jurnal Penelitian, tidak diterbitkan.
Yulianeu A, 2016, Sistem Berkas, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.
Yulianeu A, 2017, Sms Digital Rt 02 Rw 01 Kampung Tanjung Sari Kelurahan Sukanegara Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya, Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA) (1) 1.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.