SIMULASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN TOPOLOGI JARINGAN SECARA VISUAL

Aneu Yulianeu, Abdul Wahab

Sari


Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan komputer yang semakin meluas. Kemajuan teknologi komunikasi mempunyai pengaruh pada perkembangan pengolahan data. Data dari satu tempat dapat dikirim ke tempat lain dengan alat telekomunikasi. Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut.

Dengan menggunakan program Delphi, proses pemahaman menjadi lebih mudah dan interaktif. Simulasi pembelajaran program bantu yang berbasis komputer untuk menangani masalah tertentu, dalam hal ini untuk menangani masalah pengenalan jaringan komputer dan pengoperasian routers di dalam internetworking. Secara umum kita dapat mengenal dan memahami cara kerja routers, mampu mendesain suatu internetworking dengan menggunakan router baik secara hardware maupun software.

 Penghematan biaya yang dikeluarkan dalam memahami penggunaan router dan mampu mengatasi troubleshoting yang muncul di dalam implementasi penggunaan router. Selain itu juga untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan bidang ilmu komputer, daya tarik khususnya dalam mempelajari jaringan komputer, internetworking serta pengenalan router yang mendalam dan juga sebagai acuan bila menghadapi masalah yang sama.

Kata kunci : Topologi, Jaringan, Simulasi


Teks Lengkap:

PDF (English)

Article Metrics

Sari view : 298 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

PENERBIT : LPPM STMIK DCI

  • Jl. Sutisna Senjaya No.158 A Kota Tasikmalaya
  • www.lppm.stmik-dci.ac.id
  • Telepon : 0265-33492

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional View My Stats