RANCANGAN APLIKASI PERBANDINGAN HASIL TES MATEMATIKA BENTUK OBJEKTIF DAN BENTUK URAIAN PADA POKOK BAHASAN BARISAN BILANGAN DI SMP NEGERI 1 MANONJAYA

Andri Sukmaindrayana, Imat Ruhimat

Sari


Salah satu dari kemajuan jaman teknologi yang sering mengiringi aktivitas hidup manusia mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur, tidak lain yaitu internet. Tidak dipungkiri adanya pengaruh internet terhadap prestasi belajar siswa ada pengaruh positif dan ada pengaruh negatif. Seperti dua sisi mata uang, tergantung bagaimana kita menyikapinya.  Semua sekolah berusaha menampilkan komputer di sekolahnya tentu dengan fasilitas internet. Dengan internet, sekolah kemudian berharap kesan berteknologi dan Go internasional melekat padanya. Siswapun diharapkan mendapatkan akses yang berguna bagi proses belajar dan mendapatkan ilmu di sekolah.

Dengan memperhatikan pengalaman dari beberapa sekolah-sekolah yang sudah memanfaatkan internet, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki pengaruh yang cukup berarti terhadap prestasi belajar siswa. Secara umum bentuk soal terbagi ke dalam dua bagian, yakni soal uraian dan soal objektif. Soal uraian adalah pertanyaan yang menuntut siswa menjawab dalam bentuk menguraikan, menjelaskan, mendiskusikan, membandingkan, memberikan alasan, Soal objektif ini lebih baru dari soal uraian, tetapi bentuk test ini banyak digunakan dalam menilai hasil  belajar disekolah-sekolah. Hal ini disebabkan antara lain karena luasnya bahan pelajaran yang dapat dicapai dalam test dan mudahnya menilai jawaban test. Test ini dikategori selalu menghasilkan nilai yang sama meskipun yang menilai guru yang berbeda atau guru yang sama pada waktu yang berbeda. Test objektif lebih dikategori pada speed tests (tes yang menginginkan kecepatan menjawab)

Kata Kunci : Rancangan aplikasi , Hasil tes dan Bentuk tes


Teks Lengkap:

PDF (English)

Article Metrics

Sari view : 24 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

PENERBIT : LPPM STMIK DCI

  • Jl. Sutisna Senjaya No.158 A Kota Tasikmalaya
  • www.lppm.stmik-dci.ac.id
  • Telepon : 0265-33492

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional View My Stats