PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KAJIAN ESTETIS LUKISAN KARYA RUKMINI YUSUF AFFANDI BERBASIS WEB

Dadang Haryanto, Ahmad Taufik

Sari


Kemajuan teknologi terutama pada bidang informasi, keberadaan website merupakan salah  satu  media tepat  untuk  memberikan  layanan informasi. Dengan membangun sebuah sistem informasi berbasis media website, tentunya layanan informasi yang hendak di sampaikan kepada masyarakat ataupun mengenalkan suatu kajian estetis lukisan dapat memberikan informasi secara jelas dan diformulasikan dengan rinci sebagaimana keberadaan website itu sendiri yang dibutuhkan oleh pengguna untuk mendapatkan berbagai kemudahan sesuai dengan keinginan dan harapan. Perancangan Sistem Informasi Kajian Estetis Lukisan Karya Rukmini Yusuf Affandi Berbasis Webini menjadi metode alternatif dalam menyampaikan informasi dan melakukan suatu kajian yang lebih mudah, efektif dan efisien.

Perancangan sistem informasi ini menyajikan data yang menitik beratkan pada hasil kajian lukisan dari segi objek, unsur-unsur seni rupa, prinsip-prinsip seni rupa, media, teknik, gaya yang menggunakan teknologi pemrograman database sebagai salah satu media penyimpanan yang sangat berguna dan membantu dalam mengklasifikasikan data dan informasi. Selain menyampaikan informasi hasil kajian dari seniman, pada perancangan sistem ini disediakan form untuk pengunjung agar mereka dapat berpartisipasi aktif untuk melakukan pengkajian lukisan, dimana hasil pengkajian tersebut dapat tersimpan dalam sistem dan dijadikan referensi bagi seniman dan dunia seni lukis khususnya.

Bahasa pemrograman yang digunakan pada perancangan sistem informasi ini adalah berbasis web yang memberikan kesempatan bagi pengunjung dalam memanfaatkan akses website sebagai media perantaranya, sehingga memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah kemudahan akses. Perancangan ini  menggunakan  Hypertext  PreProcessor (PHP) dalam membangun sistem dan MySQL dalam pengembangan database fisik.

Alat bantu sistem  yang digunakan dalam perancangan sistem informasi ini adalah: 1) Data Flow Diagram (DFD) yang berfungsi menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data itu mengalir (misalnya lewat telepon, surat) atau data tersebut akan disimpan (misalnya file kartu, tape, disket). 2) Simbol Data Flow Diagram (DFD) sebagai simbol-simbol pokok untuk menggambarkan Data Flow Diagram (DFD). 3) Flowmap digunakan untuk menggambarkan aliran data atau informasi dengan bagian-bagiannya dalam suatu sistem, 4) Entity Relationship Diagram (ERD) yang berguna untuk memodelkan sistem yang nantinya akan dikembangkan basis datanya.

Kata Kunci: Sistem, Informasi, Kajian, Estetis, Lukisan, Web                       


Teks Lengkap:

PDF (English)

Article Metrics

Sari view : 71 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

PENERBIT : LPPM STMIK DCI

  • Jl. Sutisna Senjaya No.158 A Kota Tasikmalaya
  • www.lppm.stmik-dci.ac.id
  • Telepon : 0265-33492

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional View My Stats