SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA DI SMK TERPADU BOJONGNANGKA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Sarmidi -, Asep Noviana

Sari


Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun sekolah. Pemberian beasiswa dapat dikategorikan pada pemberian cuma-cuma ataupun pemberian dengan ikatan kerja (biasa disebut ikatan dinas) setelah selesainya pendidikan. Lama ikatan dinas ini berbeda-beda, tergantung pada lembaga yang memberikan beasiswa tersebut.

Proses penentuan pemberian beasiswa untuk siswa di SMK Terpadu Bojongnangka biasanya di lakukan berdasarkan persetujuan dari kepala Sekolah yang kemudian akan diseleksi oleh bagian kesiswaan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Permasalahan yang sering muncul dalam pemberian beasiswa ini adalah sulitnya menentukan siswa yang benar-benar berhak menerima beasiswa karena keterbatasan kuota yang di sediakan dan banyaknya jumlah siswa yang mengajukan beasiswa menjadi kesulitan tersendiri bagi pihak sekolah. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan Metode yang dapat digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan adalah dengan menggunakan Analitical Hierarcy Process (AHP).

Dengan mengggunakan metode AHP kita dapat mencari alternative terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternative terbaik dari sejumlah alternative berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses pengurutan kandidat yang akan menentukan alternatif yang optimal.

Kata kunci: Beasiswa, AHP, Sistem

 



Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v3i2.82

Article Metrics

Sari view : 149 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 Terindek oleh :

 

PENERBIT : LPPM STMIK DCI

  • Jl. Sutisna Senjaya No.158 A Kota Tasikmalaya
  • www.lppm.stmik-dci.ac.id
  • Telepon : 0265-33492

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional View My Stats