SISTEM PAKAR PENENTU MAKANAN PENDAMPING AIR SUSU IBU PADA BAYI USIA 6 BULAN SAMPAI 12 BULAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Aneu Yulianeu, Nina Mardiana Rahmayati

Sari


Bayi adalah seorang makhluk hidup yang belum lama lahir. Masa bayi dimulai dari usia 0-12 bulan yang ditandai dengan pertumbuhan dan perubahan fisik yang cepat disertai dengan perubahan dalam kebutuhan zat gizi. Selama periode ini, bayi sepenuhnya tergantung pada perawatan dan pemberian makanan dari ibunya. 

Oleh karena itu seorang ibu harus mengetahui pentingnya pemberian makanan pendamping ASI sesuai dengan waktu pemberian, frekuensi, jumlah, tekstur, aktif, responsif dan higiens.

Pembahasan utama dalam penelitian ini adalah menentukan maknan pendamping ASI pada Bayi menggunakan Sistem Pakar dengan suatu metode. Adapun pengembangan sistem pakar ini memilih dan menggunakan metode   forward chaining adalah sebuah metodologi yang dimulai dari fakta untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Cara kerja metode ini dilakukan dengan pencarian yang dimulai dari premis-premis atau informasi masukkan dahulu kemudian menuju konklusi atau derived information.

Tujuan dari software ini adalah membuat sistem pakar yang digunakan untuk menentukan maknan pendamping ASI pada bayi, agar memberikan perlindungan besar dari berbagai penyakit, mempertahankan produksi ASI pada ibu, mengurangi resiko terkena alergi, mencegah obesitas, mencegah bayi agar mendapat nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Kata kunci: sistem pakar, penentu, makann pendamping asi, forward chaining.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Article Metrics

Sari view : 567 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

PENERBIT : LPPM STMIK DCI

  • Jl. Sutisna Senjaya No.158 A Kota Tasikmalaya
  • www.lppm.stmik-dci.ac.id
  • Telepon : 0265-33492

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional View My Stats