SISTEM PENGAMBILKEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN POSISI IDEAL PEMAIN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN METODE ANALITICAL HIERARCHY PROESS (AHP)

Abdul Wahab, Asep Kusnandar

Abstract


Untuk menentukan posisi ideal seorang pemain sepak bola agar sesuai dengan karakter dan kriteria yang diharapkan, dibutuhkan insting pelatih yang cukup tajam dan sebuah sistem yang dapat membantu menyediakan pilihan sebagai sarana pendukung dalam pengambilan suatu keputusan. Biasanya, dalam melakukan proses penentuan pemain masih dilakukan secara manual yaitu dengan mengimplementasikan ke dalam bentuk sebuah filekertas berupa form penilaian karakter dan kriteria pemain saja. Selama ini, masih ada pelatih yang masih kurang tepat dalam menentukan posisi ideal pemain karena hanya mengandalkan insting dan ego para pemainnya sehingga masih ada pelatih yang belum mampu menilai pemain secara objektif.

Dengan memanfaatkan Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai metode dari Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dalam proses penentuan posisi ideal seorang pemain yang menggunakan beberapa kriteria (multikriteria) untuk memilih seorang pemain yang tepat. SPK ini membantu pelatih dalam membuat keputusan yang tepat dan AHP digunakan sebagai model untuk pembobotan multikriteria dalam proses seleksi. Dalam metode teknik pengumpulan data, studi literatur, observasi dan wawancara digunakan untuk masalah-masalah yang terkait. Selain itu, teknik dan model analisis data menggunakan metode aliran terstruktur dimana tools yang digunakan adalah Data Flows Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD). Aplikasi ini dibangun dengan tools Borland Delphi (7.0) sebagai desain tampilan antarmuka dan MySQL sebagai media pengolahan basis data-nya.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini diharapkan dapat membantu pelatih dalam proses pengambilan keputusan dan dapat merubah cara penilaian dari yang bersifat subjektif menjadi lebih objektif.

Kata Kunci: Sepak Bola, Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierarchy Process (AHP), Basis Data.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v3i2.78

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Abdul Wahab, Asep Kusnandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.