PEMANFAATAN TEKNOLOGI CLOUD BLYNK DALAM SISTEM KONTROLLING STOP KONTAK LAMPU RUMAH BERBASIS APLIKASI ANDROID

Fajar Shidiq Permana, Muhammad Nandito Suyatno Putro, Rini Suwartika

Abstract


Rumah pintar merupakan inovasi Internet of  Thing (IOT), Dimana semua benda atau perabotan rumah sehari-hari yang akrab dengan masyarakat “dioptimalkan” karena integrasi teknologi dalam bentuk chip serba bisanya,Dalam hal smart home,internetof thing akan hadir dalam rupa barang-barang yang bisa di temui di rumah orang kebanyakan. Aplikasi dari system smart home berbasis (IoT) Internet Of Thing ini menggunakan modul NodeMCU ESP8266 sebagai microcontroller dan aplikasi android Blynk sebagai alat pengendali ataupun monitoring. System ini terdiri dari pengendali lampu. kemudian pada kendali lampu berbasis IoT sistem ini bekerja menggunakan Aplikasi Blynk untuk mengontrol lampu secara manual maupun secara otomatis dengan menyesuaikan dengan jam kerja pada ruangan tersebut.  Berdasarkan hasil pengujian sistem keamanan ruangan program studi Teknik Elektro dan kendali lampu berbasis IoT (Internet Of Things) harus selalu terhubung ke internet hotspot.

 

Kata Kunci: Internet Of Things, controlling sistem, Arduino, ESP8266.

References


A. H. M. Nasution, S. Indriani, N. Fadhilah, C. Arifin, and S. P. Tamba, “Pengontrolan Lampu Jarak Jauh Dengan Nodemcu Menggunakan Blynk,” J. Tek. Inf. dan Komput., vol. 2, no. 1, 2019.

T.- Ahyo, M. P. Rahmad, and N. Imansyah, “Prototype Pengontrolan Lampu Dengan Menggunakan Ponsel Pintar Android Via Wifi Berbasis Mikrokontroler,” ELKHA, vol. 12, no. 1, 2020, doi: 10.26418/elkha.v12i1.37133.

S. P. Tamba, A. H. M. Nasution, S. Indriani, N. Fadhilah, and C. Arifin, “Pengontrolan Lampu Jarak Jauh Dengan Nodemcu Menggunakan Blynk,” J. Tek. Inf. dan Komput., vol. 2, no. 1, 2019.

E. Supriyadi and I. R. Fadillah, “SIMULASI SISTEM KEAMANAN RUANGAN PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO DAN KENDALI LAMPU BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS),” Sainstech J. Penelit. dan Pengkaj. Sains dan Teknol., vol. 30, no. 1, 2020, doi: 10.37277/stch.v30i1.724.

M. Artiyasa, A. Nita Rostini, Edwinanto, and Anggy Pradifta Junfithrana, “APLIKASI SMART HOME NODE MCU IOT UNTUK BLYNK,” J. Rekayasa Teknol. Nusa Putra, vol. 7, no. 1, 2021, doi: 10.52005/rekayasa.v7i1.59.

_______________________________

Fajar Shidiq Permana, M.Nandito.S,P, Rini Suwartika "PEMANFAATAN TEKNOLOGI CLOUD BYLNK DALAM SISTEM KONTROLLING STOP KONTAK LAMPU RUMAH BERBASIS APLIKASI ANDROID"




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v9i2.522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 fajar shidiq permana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensepafimemet.org dajjal.us dajjal.shop sinikangenwin.com.