ANALISIS PEMILIHAN SISWA TELADAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) & ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) BERBASIS WEB PADA SDN 11 BAAMANG TENGAH

Azhar Firdaus, Lukman Bachtiar

Abstract


Kecedasan buatan merupakan bidang ilmu komputer (computer science) yang khusus ditujukan untuk membuat perangkat lunak dan perangkat keras yang sepenuhnya bisa menirukan beberapa fungsi otak manusia. Kecerdasan buatan harus didasarkan pada prinsip-prinsip teorikal seperti : struktur data,algoritma dan teknik – teknik bahasa pemrograman. SDN 11 Baamang Tengah merupakan sekolah dasar negeri  yang berstandar nasional yang terletak di Sampit, Kotawaringin Timur.  Jumlah siswa sebanyak 300 anak, yang terbagi menjadi 11 kelas. Program yang diterapkan adalah pemilihan siswa teladan. Siswa teladan merupakan siswa berprestasi dan aktif dalam mengikuti kegiatan. Permasalahan pada objek penelitian ini adalah setiap tahun pihak sekolah memilih murid dari kelas 4,5,6 untuk menjadi siswa teladan, dan selama ini sekolah hanya menggunakan 1 kriteria yaitu nilai akademik untuk pemilihan siswa teladan. Dengan hanya 1 kriteria saja maka hasil pemilihan siswa teladan kurang valid karena ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan, seperti kegiatan ektrakulikuler dan juga keterampilan dari setiap siswa. Solusi dari permasalahan di atas adalah dengan adanya sistem ini maka pemilihan siswa teladan bisa diketahui dengan dilakukan perhitungan oleh metode Simple additive weighting (SAW) dan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) maka hasil dari penelitian ini didapatkan pemilihan siswa teladan dengan menggunakan metode AHP dan SAW.

References


D. M. Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Media, 2018.

D. N. M.Kom S. Kom, Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish, 2015.

R. N. Fajriya, A. Firdaus, and A. Faisal, “Penentuan Karyawan Terbaik Home Industry Ramayana Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” J. Innov. Inf. Technol. Appl. JINITA, vol. 1, no. 01, pp. 35–41, Dec. 2019, doi: 10.35970/jinita.v1i01.83.

S. Mulyati, “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK PENENTUAN PRIORITAS PEMASARAN KEMASAN PRODUK BAKSO SAPI,” p. 5, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v9i2.519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 azhar firdaus, Lukman Bachtiar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensepafimemet.org dajjal.us dajjal.shop sinikangenwin.com.