SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMAAN CALON KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS : PT. BANK MANDIRI CABANG TASIKMALAYA)

Andri Sukmaindrayana

Sari


Dalam proses seleksi calon karyawan, seringkali keputusan yang diambil bersifat subjektif. Hal ini terjadi karena tidak ada metode standar yang sistematis untuk menilai kelayakan calon karyawan. Untuk memecahkan permasalahan tersebut perlu dibuat suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu perusahaan.

Sistem Pendukung Keputusan merupakan suatu pendekatan (atau metodologi) untuk mendukung pengambilan keputusan. SPK menggunakan Sistem Informasi Berbasis Komputer yang fleksibel, interaktif, dan dapat diadaptasi, yang dikembangkan untuk mendukung solusi untuk masalah manajemen yang spesifik yang tidak terstruktur. SPK menggunakan data, memberikan antarmuka pengguna yang mudah, dan dapat menggabungkan pemikiran pengambil keputusan.

Topsis diperkenalkan pertama kali oleh Yoon dan Hwang tahun 1981 untuk digunakan sebagai salah satu metode dalam memecahkan masalah multikriteria (sachdeva, 2009). Topsis memberikan sebuah solusidari sejumlah arternatif yang mungkin dengan cara membandingkan setiap alternatif dengan altrnatif terbaik dan alternatif terburuk yang ada diantara alternatif-alternatif masalah. Metode ini melakukan jarak untuk melakukan perbandingan tersebut. Topsis telah digunakan dalam banyak aplikasi termasuk investasi keuangan perbandingan performasi dari perusaahaan.

Kata Kunci : Karyawan, Sistem Pendukung Keputusan, Topsis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatansyah, Ir., Basis Data. Bandung : Informatika, 1999.

Ichwan, M., Pemograman Basis Data Delphi 7 dan MySql, Bandung, Informatika, 2011.

Inge Martine, Ir., Pemrograman Borland Delphi 6. Jakarta : PT ElexMedia Komputindo, 2004.

Jogiyanto HM. Analisis dan Disain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Aplikasi bisnis. ANDI Offset, Yogyakarta. 2005.

Sri Kusumadewi, Artificial Intelligence, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003.

Nugroho, Bunafit. Database Relasional dengan MySQL. Andi Offset, Yogyakarta. 2004.

Sommerville, Ian. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)/Ian Sommerville; alih bahasa, Dra. Yuhilza Hanum, M.Eng, Edisi 6, Jilid 1. Erlangga, Jakarta. 2003.

Turban, Efraim, Aronson, Jay E., & Liang, Ting-Peng. Decision Support and Intelligent Systems – 7th Ed. Jilid 1 (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas), Diterjemahkan oleh: Dwi Prabantini. Andi Offset, Yogyakarta. 2005.

Handoko, T.Hani. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Penerbit PT. Bumi Aksara, 2001.

Hasibuan, Malayu . Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit PT Bumi Aksara,2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v8i1.465

Article Metrics

Sari view : 102 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 Terindek oleh :

 

PENERBIT : LPPM STMIK DCI

  • Jl. Sutisna Senjaya No.158 A Kota Tasikmalaya
  • www.lppm.stmik-dci.ac.id
  • Telepon : 0265-33492

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional View My Stats