MONITOR JARINGAN KOMPUTER BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CACTI

Akik Hidayat, Ahmad Rizki

Abstract


Penggunaan jaringan komputer sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat di era digital ini. Implementasi jaringan komputer sudah dilakukan di berbagai tempat. Mulai dari rumah pribadi, sekolah, kantor, dan tempat hunian seperti indekos. Di indekos sendiri banyak peraturan yang harus diikuti oleh penghuninya agar tidak mengganggu kenyamanan penghuni lain, terutama peraturan yang berhubungan dengan penggunaan jaringan komputer tersebut. Peraturan yang biasanya diberlakukan adalah batasan penggunaan jaringan komputer yang berlebihan seperti aktivitas download. Hal tersebut diterapkan di indekos Pondok Malaka Indah, Jatinangor. Oleh karena itu dibuatlah sebuah aplikasi monitoring jaringan komputer berbasis web yang menggunakan Cacti untuk menampilkan grafik yang akan di-monitoring. Aplikasi akan menampilkan grafik penggunaan traffic jaringan komputer indekos dan hanya bisa diakses oleh seorang administrator dalam hal ini pemilik indekos. Aplikasi ini diuji menggunakan automated testing, usability testing, dan black-box testing. Hasil usability testing dilakukan terhadap pemilik dan penghuni indekos dengan hasil 82,5% terhadap penghuni dalam hal kenyamanan dan kegunaan serta 71,25% terhadap pemilik indekos dalam hal kelakayan dan kemudahan penggunaan. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa aplikasi monitoring ini sudah layak untuk diimplementasikan di dalam jaringan komputer indekos.

Kata kunci – jaringan komputer; monitoring; aplikasi web, Cacti 


References


A. S. Tanenbaum dan D. J. Wetherall, Computer Networks, 5th edition, Boston: Prentice Hall, 2011.

N. Bisht dan S. Singh, “Analytical Study of Different Network Topologies,” International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET) Vol. 02, Issue: 01, pp. 88-90, 2015.

S. S. R. dan M. R., “Network Monitoring Using SNMP Protocol,” International Journal of Power Control Signal dan Computation (IJPCSC) Vol. 3, No. 1, pp. 64-66, 2012.

R. Boutaba dan J. Xiao, “Network Management: State of the Art,” dalam IFIP - The International Federation of Information Processing, Boston, 2002.

R. Khan, S. U. Khan, R. Zaheer dan M. I. Babar, “An Efficient Network Monitoring and Management System,” International Journal of Information and Electronics Engineering Vol. 3, No. 1, pp. 122-126, 2013.

D. Cahyadi, F. Agus dan M. Iman, “Studi Pemanfaatan Network Monitoring System Pada Intra/Inter-net Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Sebagai Bahan Rekomendasi Untuk Memaksimalkan Utilisasi Jaringan Intra/Inter-net,” Jurnal Informatika Mulawarman, pp. 38-49, 2010.

R. S. Pressman dan B. R. Maxim, Software Engineering, A Practitioner's Approach, 8th edition, New York: McGraw-Hill Education, 2015.

S. Thummalapenta, S. Sinha, N. Singhania dan S. Chandra, “Automating Test Automation,” dalam ICSE '12 Proceedings of the 34th International Conference on Software Engineering, Zurich, 2012.

N. Bevan, “Measuring usability as quality of use,” Software Quality Journal 4, pp. 1-20, 1995.

A. M. Lund, “Measuring Usability with the USE Questionnaire,” Usability Interface, pp. 3-6, 2001.

M. E. Khan dan F. Khan, “A Comparative Study of White Box, Black Box and Grey Box Testing Techniques,” International Journal of Advanced Computer Science and Applications Vol. 3, No. 6, pp. 12-15, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v8i1.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Akik Hidayat, Ahmad Rizki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensepafimemet.org dajjal.us dajjal.shop sinikangenwin.com.