SISTEM INFORMASI PENDATAAN NILAI SISWA MTs. NURUL FIQHIYAH

Iman Hikmat Nugraha, Resna Resita

Sari


Teknologi informasi yang berkembang saat ini membutuhkan informasi yang cepat dan akurat dalamimplementasinya. Pendataan nilai siswa dengan bantuan sistem input yang merupakan salah satu implementasi perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung untuk pendataan nilai siswa.

             Abstrak Tujuan penelitian ini ini adalah untuk merancang Sistem Informasi Nilai Siswa sebagai penunjang dalam pengambilan keputusan dan keperluan operasional sehari-hari, serta untuk membandingkan tingkat efektifitas dan efesiensi pengolahan data dan penyajian informasi antara sistem yang ada saat ini dan sistem informasi yang di usulkan.

Penelitian yang dilakukan dalam hal ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan survei terhadap objek penelitian yaitu pada MTs.Nurul Fiqhiyah Kecamatan tamansari Kota Tasikmalaya dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu Observasi (pengamatan), Interview (wawancara), dan Penelitian Kepustakaan. Sistem yang dibuat adalah sistem database dengan menggunakan MySQL dan Delphi sebagai bahasa pemrogramannya. Pengujian sistem dilakukan untuk menguji tingkat efektifitas dan efesiensi sistem termasuk tingkat keakuratan data, penyajian informasi serta validasi data dari Sistem Informasi yang diusulkan. Sehingga proses pengolahan data dan penyajian laporan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan sistem komputerisasi dalam pengolahan data dan pendataan Nilai Siswa lebih efektif dan efesien dibanding dengan sistem yang ada sebelumnya

 

Kata Kunci : Sistem, Informasi, Basis Data, Nilai, Pendataan.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jogiyanto HM (2001), Analisis dan Desain Sistem Informasi, Penerbit Andi Yogyakarta

SutantadalamBukuSistemInformasiManajemen.(2003:4)

Kani, Firmansyah, dan Sufandi, U. U. 2010. Pemrograman Database menggunakan Delphi (Delphi Win32 dan MySQL 5.0 dengan Optimalisasi Komponen ZeosDBO). Jakarta : Graha Ilmu.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Kepautusan. Yogayakarta: Andi.

Zakki, Muhammad Addib. 2014. SistemInformasiAkademikPendataan. (http://addib-92.blogspot.com/2014/06/sistem-informasi-akademik-pendataan-dan.html ). Diaksespadatanggal 12 Maret 2019.

Sanjaya, Verawati. 2017. PerancanganSistemInformasiPendataanSiswa SMP Islam SwastaDarulYatamaBerbasis Web.(https://docplayer.info/30538971-Perancangan-sistem-informasi-pendataan-siswa-smp-islam-swasta-darul-yatama-berbasis-web.html ). Diaksespadatanggal 20 Februari 2019.

Laksito, Wawan. 2011. Pengolahan Data. (https://wawanlaksito.wordpress.com/2011/02/27/22/ ). Diaksespadatanggal 5 Februari 2019.


Article Metrics

Sari view : 53 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

PENERBIT : LPPM STMIK DCI

  • Jl. Sutisna Senjaya No.158 A Kota Tasikmalaya
  • www.lppm.stmik-dci.ac.id
  • Telepon : 0265-33492

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional View My Stats