UJI KINERJA METODE WEIGHTED PRODUCT DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM PROSES PENENTUAN ARTIKEL MEDIA INFORMASI INTERNAL DI PT POS INDONESIA (PERSERO)

Shinta Amelia, Cahyo Prianto

Sari


PT Pos Indonesia adalah sebuah badan usaha milik negara yang bergerak dibidang layanan pos. Pada PT Pos Indonesia, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah lomba artikel yang diadakan setiap tiga bulan sekali. Dalam melakukan proses penilaian pada PT Pos Indonesia saat ini masih dilakukan secara manual. Cara ini dirasa kurang efektif dan efisien untuk menentukan proses perangkingan untuk setiap artikel yang diajukan. Oleh sebab itu, dibutuhkanlah sebuah system yang bisa menentukan pemenang dari kegiatan lomba artikel ini dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan.

Untuk membangun system aplikasi ini, penulis menggunaka  dua metode sebagai perbandingan, yaitu metode Weighted Product dan Simple Additive Weighting serta pengujian menggunakan uji sensitivitas untuk melihat metode mana yang lebih efektif digunakan untuk proses perhitungan penentuan pemenang artikel terbaik. Kriteria yang digunakan adalah sistematika penulisan, measurable, applicable, relevant, dan timeline.

Hasil dari penerapan metode ini adalah, metode SAW lebih unggul daripada metode WP, dengan perubahan SAW sebesar 2.47% sedangkan WP sebesar 0.01%.

Kata Kunci: Penilaian Artikel, Sistem Pengambil Keputusan, Weighted Product, Simple Additive Weighting, Uji Sensitivitas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


I. A. S. Sajangbati, “MOTIVASI, DISIPLIN, DAN KEPUASAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG BITUNG,” Jurnal EMBA , vol. 1, no. 4, pp. 667-678, 2013.

P. Tunjungsari, “Pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada kantor pusat pt. pos indonesia (persero) bandung,” Jurnal Universitas Komputer Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 1-14, 2011.

D. A. Z. A. A. Y. M. Ali Fauzi, “Term Weighting Berbasis Indeks Buku dan Kelas untuk Perangkingan Dokumen Berbahasa Arab,” Lontar Komputer: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, vol. 5, no. 2, pp. 435-442, 2013.

T. H. Eko Arif Riyanto, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TELLER POOLING TERBAIK PADA PT. BCA Tbk. DENGAN METODE SAW (Simple Additive Weighting),” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 128-135, 2017.

N. H. Donny Fernando, “Uji Sensitivitas Metode Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Lokasi Penyebaran Media Promosi,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 5, no. 2, pp. 51-57, 2018.

S. Eniyati, “Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting),” Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. 16, no. 2, pp. 171-177, 2011.

L. L. Trinugi Wira Harjant, “RANCANG BANGUN SISTEM REKOMENDASI BIROTRAVEL PADA FITUR CUSTOM TRIP UNTUK APLIKASI TRAVEL VAITHME MENGGUNAKAN ALGORITMA WEIGHTED PRODUCT BERBASIS ANDROID,” PROSIDING SEMNASTEK, vol. 1, no. 1, pp. 704-714, 2019.

Z. A. M. K. Nency Nurjannah, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT,” Jurnal Informatika Mulawarman, vol. 10, no. 2, pp. 20-24, 2015.

D. A. Fatkhurrochman, “ANALISIS PERBANDINGAN METODE TOPSIS DAN SAW DALAM PENENTUAN PENERIMA BANTUAN PEMBANGUNAN RUMAH MASYARAKAT KURANG MAMPU,” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 6, no. 1, pp. 2-8, 2018.


Article Metrics

Sari view : 82 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

PENERBIT : LPPM STMIK DCI

  • Jl. Sutisna Senjaya No.158 A Kota Tasikmalaya
  • www.lppm.stmik-dci.ac.id
  • Telepon : 0265-33492

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional View My Stats