TONGKAT TUNANETRA PINTAR MENGGUNAKAN ARDUINO

Akik Hidayat, Dede Supriadi

Sari


Pada saat ini teknologi dan sistem informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi, manusia semakin dituntut kreatif untuk membuat peralatan yang memanfaatkan teknologi untuk meringankan kehidupannya. Tongkat adalah alat bantu tunanetra yang praktis dan murah kegunaan tongkat penting sekali yaitu agar tunanetra dapat berjalan mandiri, tanpa selalu minta tolong kepada orang lain (Zabel, 1982). Umumnya tongkat tunanetra dibagi menjadi 2 macam, yaitu tongkat panjang dan tongkat lipat. Tongkat panjang adalah sebuah tongkat yang dibuat sesuai standar persyaratan. Tongkat lipat merupakan tongkat yang praktis, karena biasa di lipat apabila tidak digunakan. Walaupun adanya alat bantu lainnya untuk tunanetra, tongkat masih saja menjadi pilihan utama karena harganya yang relatif murah. Namun tongkat masih memiliki kekurangan yaitu hanya dapat digunakan untuk meraba benda atau halangan dengan jangkauan yang terbatas. Hal ini membuat penyandang tunanetra dituntut untuk selalu waspada serta merasa was – was jika berjalan sendirian. Dengan mempunyai informasi yang cukup terhadap jalur perjalanan yang akan dilewati, penyandang tuna netra dapat lebih nyaman pada lingkungan yang belum dikenal. Oleh karena itu di rancanglah sebuah alat yang dapat membantu dan memudahkan penyandang tunanetra untuk beraktivitas.Dari gambaran masalah diatas ditemukan ide untuk membuat alat tongkat tunanetra pintar mengunakan arduino. Alat ini dibangun menggunakan Arduino Uno ditambah dengan sensor ultrasonic dan mengggunakan buzzer (alarm). Cara kerja alat ini adalah ketika penyandang tunanetra berjalan mendekati tembok / benda yang ada di depan, akan memberi peringatan suara oleh tongkat tunanetra pintar tersebut.

 

Kata kunci : Arduino uno, buzzer, tongkat, tunanetra


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

A.E. Fitzgerald, David E. Higginbothan, Arvin Grabed. Dasar-dasar Elektro Teknik, diterjemahkan oleh Pantur Silaban PhD. Erlangga. 1993.

Elkompedia. Pengertian Arus, Tegangan, Hambatan, dan Daya Listrik. 02 Oktober 2018.

http://elekompedia.com/2016/10/pengertian-arus-tegangan-hambatan-dan.html?m=1.

Indrajani, Perancangan Basis Data Dalam All in 1. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta : 2011. halaman 36 & 38.

http://fauzanghifari.blogspot.com/2013/08/pengertian-otomasi.html

http://belajarelektronika.net/sensor-ultrasonik/

http://slbn1pemalang.mysch.id/berita/48135/pengertian-tuna-netra/

https://indraharja.wordpress.com/2012/01/07/pengertian-buzzer/

http://www.hootronik.com/2016/10/cara-kerja-rangkaian-buzzer.html

Resi Ikhwan Nugraha, Agus Ramdhani Nugraha. 2018. SIMULASI SMART HOME BERBASIS ARDUINO. Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (JUMANTAKA). STMIK DCI.


Article Metrics

Sari view : 141 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

PENERBIT : LPPM STMIK DCI

  • Jl. Sutisna Senjaya No.158 A Kota Tasikmalaya
  • www.lppm.stmik-dci.ac.id
  • Telepon : 0265-33492

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional View My Stats