APLIKASI PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ANALISIS TITRIMETRI DI LABORATORIUM KIMIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BINA PUTERA NUSANTARA KOTA TASIKMALAYA

Sarmidi Sarmidi, Ikbal Nurdiansyah

Sari


Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi disegala aspek mempengaruhi juga teknologi dibidang pendidikan. Hal ini memaju penulis untuk membuat sebuah aplikasi yang berguna bagi dunia pendidikan dengan judul “Aplikasi Pembelajaran Praktikum Analisis Titrimetri Di Laboratorium Kimia Sekolah Menengah Kejuruan Bina Putera Nusanatara Kota Tasikmalaya”. Aplikasi ini mengaplikasikan dari mata pelajaran Analisis Titrimetri kelas XI tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pokok bahasan yang dijelaskan adalah tentang prosedur kerja praktikum analaisis titrimetri. Tujuan dari aplikasi yang dibuat penyususn adalah untuk memberi kemudahan pada guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar di laboratorium kimia. Sehingga guru mendapatkan keefesienan waktu dan tenaga dalam menyampaikan prosedur kerja praktikum analaisis titrimetri dan peserta didik pun bisa cepat memahami materi dengan batuan teknologi informatika.

             Semua peserta didik bisa langsung mendapatkan prosedur kerja praktikum analisis titrimetri dari aplikasi tersebut dengan mengikuti panduan penggunaan program dari guru yang bersangkutan. Setelah semua peserta didik mengetahui penggunaan program tersebut, mereka bisa belajar sendiri di kelas maupun di rumahnya masing-masing. Hal itu mendorong kemandirian para murid dalam memahami materi pembelajaran yang ada tanpa melibatkan guru secara langsung.

Kata kunci : Media Aplikasi Pembelajaran Praktikum Analisis Titrimetri

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Jogiyanto, H.M. 2007. Analisis dan Desain Sistem Informasi; PendekatanTerstruktur. Yoyakarta: Andy Offset.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Harjadi W. 1986. Ilmu Kimia Analitik Dasar, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Khopkar SM. 1990. Konsep dasar Kimia Analitik. Jakarta : UI Press..

Zainul. 2013. Analisis metoda Kuantitatif.

(http://zainulautis.blogspot.co.id/2013/10/kimia- analisis-kuantitatif-etoda.html) diakses pada 7 Februari 2017

Yulianeu A, Wahab A, 2017, “Simulasi Alat Bantu Pemberlajaran Topologi Jaringan Secara Visual”, Jurnal Teknik Informatika (JUTEKIN) 4 (1), LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Yulianeu A, 2016, “Sistem Berkas”, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.


Article Metrics

Sari view : 281 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


PENERBIT :

LPPM STMIK DCI

Jl. Sutisna Senjaya No.158 A Kota Tasikmalaya

www.lppm.stmik-dci.ac.id

Telepon : 0265-33492

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional