IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PROMOSI PERUMAHAN PURI MELODI MANGKUBUMI PT. MUSTIKA PUTRI JAYA DI KOTA TASIKMALAYA

Asep Saepulloh, Feri Saefulloh

Sari


Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya ke dalam lingkungan nyata secara real time. Setia Wardani (2015) menyatakan dalam tulisannya, bahwa Augmented Reality (AR) merupakan suatu inovasi teknologi interaksi antara manusia dan mesin yang dapat digunakan untuk menarik minat penggunanya. Prinsip kerja AR yaitu menyisipkan objek virtual dalam suatu objek secara nyata yang memungkinkan penggunanya untuk melihat hasilnya secara bersamaan. Kelebihan lain dari Augmented Reality yaitu dapat di implementasikan secara luas dalam berbagai media. Sebagai aplikasi dalam sebuah smartphone dengan teknologi sistem operasi android, yang dapat secara bebas dikembangkan aplikasinya. Dengan kelebihannya tersebut, Augmented Realitymemiliki banyak peluang untuk terus di kembangkan, salah satunya dalam bidang media promosi berjenis brosur.

Maka dibuatlah aplikasi Augmented Reality media promosi Perumahan Puri Melodi Mangkubumi yang dapat menampilkan objek 3D secara nyata menggunakan metode marker base tracking. Aplikasi ini memberikan banyak informasi mengenai Perumahan, diantaranya Profile perusahaan, spesifikasi bangunan, objek 3D rumah yang ditawarkan dan rendering objek. sehingga dengan bantuan aplikasi ini tugas bagian pemasaran akan menjadi lebih ringan dan mudah dalam penyampaian informasi mengenai perumahan yang ditawarkan. Hasil dari beta testing dengan cara membagikan kuisioner kepada 20 responden adalah 90.25% yang menunjukan bahwa aplikasi augmented reality media promosi perumahan puri melodi mangkubumi berada pada kategori sangat sesuai.

Kata kunci : Augmented Reality, Smartphone, Aplikasi Media Promosi Perumahan


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Azuma, Ronald T. 1997. “A Survey of Augmented Reality, Presence: Teleoperators and Virtual Environments6”,www.cs.unc.edu/~azuma/ARpresence.pdf, diakses tanggal 7 Februari 2017

Miarso. 2007. “Menyemai benih teknologi

Pendidikan”. Jakarta: Pustekom Diknas.

Mullen, T. (2011). “Prototyping Augmented Reality”.

Canada: simultaneously.

Nurdin Usman. 2002. “Konteks Implementasi

Berbasis Kurikulum”. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Siltanen 2012, “Theory and appliscations of

marker-based augmented reality”,

http://www.vtt.fi/inf/pdf/science/2012/S3.df, diakses pada 7 Februari 2016

Yulianeu A. Wahab A., 2017, “Simulasi Alat Bantu Pembelajaran Topologi Jaringan secara Visual”,Jurnal Teknik Informatika (JUTEKIN) 4 (1), LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Yulianeu A. 2016. “Sistem Berkas.” LPPM STMIK DCI, Tasikmalay


Article Metrics

Sari view : 131 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

PENERBIT : LPPM STMIK DCI

  • Jl. Sutisna Senjaya No.158 A Kota Tasikmalaya
  • www.lppm.stmik-dci.ac.id
  • Telepon : 0265-33492

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional View My Stats