PERANCANGAN PEMBELAJARAN DAN TEST FORMATIF SECARA DIGITAL PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Andri Sukmaindrayana, Asep Wildan

Sari


Perkembangan Teknologi Informasi beberapa tahun ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual dan elektronik, tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya yang salah satu diantaranya melalui jaringan internet. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan, dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri, beberapa bagian unsur ini mendapatkan sentuhan media teknologi informasi, sehingga mencetuskan lahirnya ide tentang pembelajaran digital. Guru yang ingin meningkatkan pelayanan dan mutu, dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), sudah saatnya mengganti metode pembelajaran manual menjadi system informasi, yaitu dengan penerapan model pembelajaran digital. Dengan penerapan model pembelajaran digital ini diharapkan penyampaian materi pelajaran akan lebih cepat, lebih sistematis dan lebih menarik mampu nmeningkatkan aktivitas dan kreatifitas peserta didik dalam belajar.

Kata kunci: Pembelajaran Digital, Model Pembelajaran, Peserta Didik


Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.51530/jumika.v2i2.24

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.