PENENTUAN HARGA POKOK PENJUALAN (HPP) DI RUMAH KELOM GEULIS KAYUNGYUN TASIKMALAYA DENGAN METODE BREAK EVEN

Aneu Yulianeu, Ai Siti Rohimah

Sari


Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kendala yang seringkali dialami oleh PT Sinar Kelom dalam memproduksi dan memasarkan kelom geulis di Rumah Kelom Geulis Kayungyun Tasik di mana perusahaan kurang piawai dalam proses pembukuan/pencatatan biaya-biaya ke dalam harga pokoknya. Pencatatan biaya-biaya ini seringkali mengabaikan proses pencatatan menurut aturan akuntansi, sehingga biaya yang dikeluarkan terkadang tidak terhitung dengan baik untuk menentukan harga pokok penjualan kelom geulis tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi biaya-biaya yang  menjadi dasar  penetapan Harga Pokok Penjualan (HPP) di Rumah Kelom Geulis Kayungyun Tasik. Di mana, biaya-biaya tersebut dan hasil perhitungan HPP akan disajikan dalam sistem aplikasi berbasis komputerisasi yang peneliti buat.

Dalam penelitian ini, peneliti melakukan observasi langsung ke pabrik dan toko PT Sinar Kelom. Di samping itu, peneliti pun melakukan wawancara langsung dengan Pimpinan perusahaan guna memperoleh data yang valid berupa data investasi usaha, data biaya tetap, data biaya variabel, dan data biaya penyusutan.

Dari penelitian ini, peneliti melakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh tersebut guna menentukan Harga Pokok Penjualan untuk setiap pasang kelom geulis. Penentuan HPP ini dilakukan oleh peneliti dengan metode Break Even Point (BEP).

Hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan teknologi komputer sangat membantu mempercepat proses pengolahan data.

Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan sistem aplikasi penentuan HPP ini adalah pemrograman Borland Delphi 7. Semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk semua pihak, khususnya untuk Manajemen PT Sinar Kelom Tasikmalaya.

Kata Kunci: HPP, Kelom Geulis, BEP


Teks Lengkap:

PDF (English)

Article Metrics

Sari view : 169 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.