SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI GARDU LISTRIK PT. PLN (PERSERO) KP. KAWALI UPJ. CIAMIS

Asep Saepulloh, Tria Sugiarto

Sari


Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin lama semakin berkembang, kebutuhan akan sistem pun pada saat ini semakin tinggi dan sudah tidak dipungkiri lagi hampir semua perusahaan membutuhkan apa yang disebut dengan sistem informasi untuk keperluan mereka sendiri misalnya, di dalam pengolahan data. Oleh sebab itu kemajuan ilmu komputer dan perkembangannya sangat membantu dalam meningkatkan kinerja dan efektifitas kerja dari suatu perusahaan.

Sebagian orang mungkin masih awam dengan istilah SIG (Sistem Informasi Geografis). Tidak salah memang, karena teknologi mengenai Sistem Informasi Geografis ini relatif baru. Pembuatan peta secara manual dengan pencarian objek peta secara visual adalah sebuah sistem yang kurang dapat diandalkan dan sangat melelahkan, tetapi dengan kemajuan teknologi pembuatan pun dapat dilakukan dengan komputer dengan sistem pencarian peta yang akurat dan dapat diandalkan. Untuk itu sistem dan sistem informasi sebagai sarana mencapai tujuan dalam masyarakat atau organisasi pun terus diupayakan perbaikan. Dengan bantuan komputer upaya perbaikan system informasi diharapkan lebih memberikan solusi terhadap hambatan-hambatan yang ada.

Sistem Informasi Geografis memegang peranan penting dalam kinerja PT. PLN (Persero),terutama PT. PLN (Persero) Kantor Pelayanan (KP). Kawali Unit Pelayanan Jaringan (UPJ). Ciamis mengenaiĀ  lokasi dan keadaan gardu sehingga lebih terpantau. Dengan proses komputerisasi melalui Sistem Informasi Geografis maka proses dalam pengolahan data dan lokasi gardu akan lebih efektif terjamin demi kontuinitas kinerja PT. PLN (Persero).

Katakunci : SIG, PLN, Gardu


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antony Pranata, 2002,Pemrograman Borland Delphi( Edisi 3), Yogyakarta : ANDY.

Ahmad, Jakaria Deni, Aneu Yulianeu, 2014. Optimasi Hasil Perikanan melalui Pemberdayaan Masyarakat terhadap Tepat Guna untuk menginkatkan Nilai Jual Hasil Perikanan di Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Jutekin Vol 1 No 1 2014. LPPM STMIK DCI

Djoko Susilo, 2002, Komponen Visual Delphi 6, Yogyakarta : J & J Learning.

Drs. Hendrojogi, 1998, MSc, Koperasi, Jakarta :Ranjani Pers.

Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D, 1999, Analisis & Disain Sistem Informasi, Yogyakarta : ANDY.

Raymond McLeod, Jr. 1995 , Sistem Informasi Manajemen (Edisi Bahasa Indonesia Jilid II), Jakarta : PT Prenhallindo.

Moekijat, Drs. 1986, Pengantar Sistem Informasi Manajemen, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Robert G. Murdick, Thomas C. Fuller dan Joel E. Ross. 1978, Accounting Information System.

Fathansyah, Ir. 1999, Basis Data, Bandung : Informatika.

Sukamindrayana, Andri, Sarmidi, Yusuf Sumaryana . Penerapan SIstem Informasi Geografis dalam penatausahaan jalan dan nomoratu rumah dan pemanfaatan manual pendataaan pengusaha mikro untuk klasifikasi usaha masyarakat. Jurnal Jumika Vol. 1 No.1 . 2014. LPPM STMIK DCI.


Article Metrics

Sari view : 44 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.