SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH BERBASIS WEB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 TASIKMALAYA

Agus Ramdhani Nugraha, Gati Pramukasari

Sari


“Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tasikmalaya”, Program Studi Teknik Informatika Strata 1, Jurusan Teknik Informatika STMIK DCI Tasikmalaya, di bimbing oleh Agus Ramdhani Nugraha, MT.

Sistem Informasi Akademik adalah , suatu sistem yang dirancang untuk keperluan pengeloaan data-data Akademik dengan penerapan teknologi komputer, sehingga proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat. SMP Negeri 11 Tasikmalaya merupakan suatu lembaga pendidikan yang membutuhkan sebuah sistem administrasi untuk mengolah data siswa, guru, serta proses belajar mengajar. sedingga data-data tersebut dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat, terutama informasi hasil pencapaian kompetensi siswa yang biasanya dibuat dalam bentuk laporan atau buku rapor yang diberikan kepada pihak-pihak terkait (peserta didik, orang tua, dan kepala sekolah) dalam kurun waktu tertentu.

Dari sini penulis ingin membuat sebuah Sintem Informasi Akademik Berbasis web untuk menciptakan pengelolaan data yang sangat terorganisir, dan

informasi tentang perkembangan hasil belajar siswa bisa disampaikan dengan cepat, tepat dan bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemograman PHP, dan database MySQL.

Alat bantu sistem yang digunakan dalam perancangan sistem informasi ini adalah: 1) Data Flow Diagram (DFD) yang berfungsi menggambarkan suatu sistem yang ada atau sistem yang baru yang akan dikembangkan secara logika. 2) Simbol  Data Flow Diagram (DFD) sebagai simbol-simbol pokok untuk menggambarkan Data Flow Diagram (DFD). 3) Entity Relationship Diagram (ERD) yang berguna untuk memodelkan sistem yang nantinya akan dikembangkan basis datanya.

Kata Kunci: Sistem, Informasi, Akademik, Web

 



Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Prof.Dr.Jogiyanto HM, MBA, Akt.2014.Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan terstruktur teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta.Penerbit Andi.

Muhamad Muslihudin, Oktafianto. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML.2016. Yogyakarta.Penerbit Andi.

Abdul Kadir.Pengenalan Sistem Informasi.2013. Yogyakarta.Penerbit Andi.

Julianto Sunu Punjul Tyoso. Sistem Informasi Manajemen.2016. Yogyakarta.Penerbit Deepublish.

Jeperson Hutahaean.Konsep Sistem Informasi.2014.Yogyakarta.Penerbit Deepublish.

Sri Mulyani.Metode Analisis dan Perancangan Sistem.2016.Bandung.Penerbit Abdi Sistematika.

Maniah, S.Kom., M.T. dan Dini Hamidin, S.Si., MBA., MT. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi.2017. Yogyakarta.Penerbit Deepublish.

Bonnie Soeherman dan Mation Pinontoan. Designing Information System.2008.Jakarta.PT Elex Media Komputindo.

Agus Saputra.Trik dan Solusi Jitu Pemograman PHP.2011. Jakarta.PT. Elex Media Komputindo.

Adyanata Lubis, S.Kom., M.Kom.Basis Data Dasar. 2016. Yogyakarta.Penerbit Deepublish.

Achmad Solichin.Pemograman Web dengan PHP dan MySQL. 2016.Jakarta.Penerbit Budi Luhur.

Anhar, ST.Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak.2010. Jakarta.Mediakita.

Hendrawan A., Yulianeu A. 2017. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) (di Akademik Kebidanan Respati Sumedang). Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA) 4 (1). LPPM STMIK DCI. Tasikmalaya

Kusmini, S.Kom.,StrategiPerancangan dan Pengelolaan Basis Data.2007. Yogyakarta.Penerbit Andi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Menengah Pertama.2016.Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Yulianeu A. 2017. Sms Digital RT 02 RW 01 Kampung Tanjung Sari Kelurahan Sukanegara Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA) 1 (1). LPPM STMIK DCI. Tasikmalaya

Yulianeu A. 2016. Sistem Berkas. LPPM STMIK DCI. Tasikmalaya


Article Metrics

Sari view : 222 times
PDF - 0 times PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.