SISTEM INFORMASI PENDATAAN INDUK PELAYANAN PENDUDUK DI KECAMATAN MANGKUBUMI

Nanang Durahman, Awit Yuliasari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perancangan sistem informasi administrasi pelayanan kependudukan dengan menggunakan PHP dan MySql di Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, yang bertujuan untuk mempermudah proses pelayanan administrasi terhadap penduduk. Pada pengumpulan data, digunakan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka, serta untuk penelitian digunakan metode kualitatif dan untuk metode pengembangannya perangkat lunak menggunakan metode Waterfall. Sistem yang berjalan saat ini masih menggunakan sistem manual, maka timbul beberapa masalah antara lain kesulitan pencarian data, terjadi kehilangan data, serta memakan waktu lama dalam proses administrasi. Penggunaan sistem informasi memudahkan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan, dan sehingga sistem informasi ini dapat bermanfaat bagi pihak instansi dalam menangani tugasnya dan dalam menangani kegiatan administrasi pelayanan kependudukan.

 

Kata Kunci: Pendataan, Pelayanan, Penduduk, Sistem, Informasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yulianeu A, 2016, Sistem Berkas, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Cahyadi R, Yulianeu A, 2018, Sistem Pengambilan keputusan Pencairan Kredit Dengan Metode Scoring System Pada Koperasi Mukti Resik Kota Tasikmalaya, Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (1) (1).

Permanawati RR, Yulianeu A, 2018, Sistem Pakar Untuk Menentukan Suatu Peluang Usaha Dengan Menggunakan Metode Smarter dan Oreste, Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (1) (1).

Illahi FN, Sumaryana Y, 2018, Sistem Informasi Ketersediaan Material Pemeliharaan Jaringan Distribusi di PT PLN (PERSERO) Area Tasikmalaya, Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (1) (1).

Yulianeu A, Noer ZM, 2017, Sistem Informasi Pengolahan Data Produksi dan Distribusi di Perusahaan Pabrik Tahu Jajang Suparman JS Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Tasikmalaya, Jurnal Manajemen Informatika (3) (1).

Yulianeu A, Jakaria DA, 2017, Sistem Informasi Manajemen Keamanan Rukun Warga (Suatu Kajian Ilmiah yang diterapkan di RW 03 Kampung Babakan Talang Desa Cimari Kecamatan Cikoneng Ciamis), Jurnal Manajemen Informatika (1) (1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.