SISTEM INFORMASI ARSIP SURAT DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SILIWANGI

Akik Hidayat, Rissa Raspati

Sari


Sebuah instansi membutuhkan sistem informasi yang dapat membantu dalam pengelolaan surat. Pengelolaan surat di instansi yang menggunakan manual sering terjadi kesalahan dalam penyimpanan data surat dan pencarian surat.

Sistem informasi surat masuk dan surat keluar ini sangat diperlukan, selain untuk pengelolaan surat juga diperlukan untuk membuat surat agar lebih cepat dan efisien. Sistem informasi surat masuk dan surat keluar ini bertujuan mengubah cara penyimpanan surat secara hardfile menjadi arsip surat berwujud softfile. Sistem informasi surat masuk dan keluar ini memberikan kontribusi baik bagi instansi. Tahapan perancangan yang digunakan meliputi perancangan context diagram, data flow diagram, entity relationship diagram, dan database table. Software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi surat-menyurat ini menggunakan UwAmp untuk menjalankan servernya, MySQL untuk pengelolaan database dan Lazarus untuk perancangan programnya. Implementasi sistem informasi surat masuk dan keluar menampilkan tampilan login untuk user sebagai petugas penginputan dan pengarsipan surat. Sistem informasi surat masuk dan keluar dapat membuat surat keluar lebih cepat dan efisien, memasukkan data surat masuk menjadi lebih cepat dan penyimpanan berkas yang lebih teratur dari cara manual. Memberikan sarana penyimpanan arsip surat, sehingga dapat terkelola dengan baik. Sistem informasi ini dapat diakses dan dijalankan secara portabel.

 

Kata Kunci: Sistem, Informasi, Lazarus, Arsip, Surat, Universitas Siliwangi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fathansyah, Ir, Buku Teks Ilmu Komputer BASIS DATA; Penerbit Informatika Bandung : 2001.

Harianto Kristanto, Ir. Konsep dan Perancangan Database; Penerbit ANDI Yogyakarta: 1994.

Jogianto. H.M. Analisis dan Desain Sistem Informasi; Edisi 1. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset. 1990.

Kurniawan, Randi. Sistem Informasi Manajemen; Penerbit Informatika Bandung: 2013.

Sutarman. Analisis dan sistem informasi; Andi Offset: Yogyakarta: 2009

Barthos, Basir. Manajeman Kearsipan; Bumi Aksara: Jakarta: 2003

Yulianeu, Aneu. 2016. Sistem Berkas. LPPM STMIK DCI.

Wildaningsih, Wili. Yulianeu, Aneu. 2019. Sistem Informasi Pengolahan Data Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Zaradika STMIK DCI Tasikmalaya. JUMANTAKA. Vol 2 No 1.

Cahyadi, Rudi. Yulianeu, Aneu. 2018. Sistem Pengambilan keputusan Pencairan Kredit Dengan Metode Scoring System Pada Koperasi Mukti Resik Kota Tasikmalaya. JUMANTAKA. Vol 1 No 1.

Illahi, FN. Sumaryana, Y. 2018. Sistem Informasi Ketersediaan Material Pemeliharaan Jaringan Distribusi di PT. PLN (PERSERO) Area Tasikmalaya. JUMANTAKA. Vol 1 No 1.

Yulianeu, Aneu. Noer, ZM. 2017. Sistem Informasi Pengolahan Data Produksi dan Distribusi di Perusahaan Pabrik Tahu Jajang Suparman JS Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Tasikmalaya. JUMIKA. Vol 3 No 1.

Yulianeu, Aneu. Jakaria, DA. 2017. Sistem Informasi Manajemen Keamanan Rukun Warga ( Suatu Kajian Ilmiah yang Diterapkan di RW 03 Kampung Babakan Talang Desa Cimari Kecamatan Cikoneng Ciamis ). JUMIKA Vol 1 No 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.