KENDALI PERANGKAT ELEKTRONIK MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ARDUINO

Agus Ramdhani Nugraha, Aa Hasan

Sari


Peralatan elektronik merupakan peralatan yang sangat membantu dalam kebutuhan masyarakat. Penggunaan Peralatan elektronik di masyarakat sekarang ini dinilai kurang efektif dan masih sering mengabaikan penggunaannya, seringkali peralatan elektronik masih tetap menyala walaupun tidak dipakai. Hal semacam ini merupakan suatu pemborosan. Disisi lain proses mematikan dan menghidupkan Peralatan elektronik secara manual masih dirasa banyak membuang banyak waktu. Oleh karena itu perlu dibuat suatu sistem kontrol serta system yang mampu untuk memonitor agar penggunaannya menjadi menjadi lebih efektif efisien.

Internet sebagai bagian dari perkembangan teknologi yang sangat berkembang pesat di kehidupan masyarakat saat ini telah mampu untuk digunakan sebagai media komunikasi dan kontrol terhadap perangkat dari jarak jauh selama masih terkoneksi untuk saling terhubung.

 

Kata Kunci : Perangkat, Elektronik, Aplikasi, Web, Arduino.


Teks Lengkap:

XML

Referensi


Elkompedia. Pengertian Arus, Tegangan, Hambatan, dan Daya Listrik. 02 Oktober 2018. http://elekompedia.com/2016/10/pengertian-arus-tegangan-hambatan-dan.html?m=1

Frank D. Petruzella. Elektronika Industri. Penerbit Andi, Penerjemah Suminto, Drs. MA. Yogyakarta : 2001.

Wikipedia. Elektronika. 10 juni 2019. https://teknikelektronika.com/pengertian-relay-fungsi-relay/

Indrajani. Perancangan Basis Data Dalam All in 1. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta : 2011. halaman 36 & 38.

Nugraha, Resi Ikhwan. Nugraha Agus Ramdhani. Simulasi Smart Home Berbasis Arduino. 2017. JUMANTAKA. Vol 1 No 1.

Rizon, Febri Mahyuda. Sarmidi. 2018. Alat Pendeteksi Udara Di Dalam Mobil Menggunakan Arduino Uno. JUMANTAKA. Vol 2 No 1.

N, I, Fathulrohman, Yusuf. Saepulloh, Asep. 2018. Alat Monitoring Suhu Dan Kelembaban Menggunakan Arduino Uno. JUMANTAKA. Vol 2 No 1.

Hidayat, Akik. Supriadi, Dede. 2019. Tongkat Tunanetra Pintar Menggunakan Arduino. JUTEKIN. Vol 7 No 1.

Asari, Mujahid. Sukmaindrayana, Andri. 2018. Sistem Irigasi Internet Of Things Dengan Mikrokontroler Berbasis Mobile. JUMANTAKA. Vol 2 No 1.

Yulianeu A, 2016, Sistem Berkas, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Yulianeu A, Durahman N, 2015, Aplikasi Instant Messaging Pada Jaringan Lokal Area Berbasis Client Server. Jurnal Teknik Informatika (3) (1).

Hendrawan A, Yulianeu A, 2017, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) (di Akademik Kebidanan Respati Sumedang), Jurnal Manajemen Informatika (4) (1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.