VIRTUALISASI MENGGUNAKAN HYVER V DI WINDOWS SERVER 2008

Handy Nugaraha Sunardi, Akik Hidayat

Sari


"Green computing adalah studi dan praktek penggunaan sumber daya komputasi secara efisien. Tujuan utama dari program tersebut adalah untuk menjelaskan sebuah spectrum luas tentang nilai-nilai dan criteria untuk mengukur organisasi dan masyarakat serta keberhasilannya..Tujuannya mirip dengan kimia hijau, mengurangi penggunaan bahan berbahaya, memaksimalkan efisiensi energi selama hidup produk, dan mempromosikan sistem daur-ulang atau produk mati dan limbah pabrik. "Pengertian diatas adalah bahwa green computing merupakan praktek penggunaan baik proses produksi dan pengembangan computer secara efisien dan ramah lingkungan.Penggunaan Sistem Teknologi Virtualisasi Memang sudah jamannya di saat sekarang kita menggunakan system teknologi Virtualisasi. Sistem ini memungkinkan kita dapat menjalankan suatu proses di dua atau lebih logical computer didalam satu unit hardware pemroses utama atau CPU. Jadi dengan system virtualisasi maka seorang Administrator akan lebih mudah menggabungkan beberapa sistem CPU fisik ke dalam bentuk Virtual Machine yang jauh lebih handal. Tentunya hal ini dapat mengurangi jumlah ke seluruhan sumber daya yang ada. Disamping itu tentunya mengurangi radiasi panas yang timbul dari sejumlah hardware yang ada. Bayangkan seandainya kita berada di ruang Data Center yang mungkin berjumlah ratusan computer maka radiasi panasnya cukup menyedot kebutuhan system pendinginan di ruangan dan akan terasa panas. Sistem Virtualisasi ini sekarang sudah mulai popular dengan adanya Virtualisasi Desktop dan Virtualisasi Server dengan melihat kenyataan ini Microsoft menghadirkan system operasi yang mendukung virtualisasi, yaitu Windows Server Virtualization atau Hyper V. Kata kunci : Windos Server 2008, Virtual, Virtualisasi Server


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Kurniawan. Windows Server 2008 R2 Failover Cluster. Penerbit People Enterprise Press: 2012

Corporation, Microsoft, 2010, “Hyper-V Planning and Deployment Guide”, Februari, http://www.microsoft.com/downloadS/details.aspx?FamilyID=5da4058e-72cc-4b8d-bbb1-5e16a136ef42&displaylang=en, Maret 2009

Kebumen, 2010, Cyber, “Virtualisasisebagaisolusimurahbelajar IT”, Februari http://blogger.kebumen.info/virtualisasi-sebagai-solusi-murah-belajar-it/,Maret 2009.

Nanang Sadikin. 2012. “Teknologi Virtualisasi Mengguna Virtual PC”. Edisi 1. Penerbit Andi Offset

Permana, Randy, “SejarahVirtualisasi”, Januari 2010,http://039randy.wordpress.com/2009/06/24/sejarah-virtualisasi/, Juni 2009.

Primasta, Bobby, 2010, “SolusiVirtualisasi Server dengan Hyper-V dan SCVMM 2008”, Januari http://wss-id.org/files/35/default.aspx,Agustus 2008.

Riccasanta, Irvan, 2010, “Virtualization Box”, Januari http://wss-id.org/blogs/irvan_riccasanta/ archive/2008/10/24/ virtualization-box.aspx, Oktober 2008.

Yulianeu A, 2016, “Sistem Berkas”, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.


Article Metrics

Sari view : 87 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.