SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI CALON KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE DI PT. BANK DANAMON INDONESIA CABANG TASIKMALAYA YUDANEGARA

Agus Supriatna, Deni Ahmad Jakaria

Sari


Sistem pendukung keputusan merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan dan manipulasi data.Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktur dan situasi tidak terstruktur.Seleksi calon karyawan dilaksanakan untuk mewujudkan karyawan yang professional, bertanggung jawab, jujur dan adil.Seleksi ini menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk mewujudkan tenaga kerja yang profesional.Pembangunan aplikasi sistem seleksi calon karyawan ini menggunakan metode PROMETHEE. Metode PROMETHEE adalah salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria untuk menentukan urutanĀ  (prioritas) dalam analisa yang masalah pokoknya adalah kesederhanaan, kejelasan dan kestabilan. Seleksi calon karyawan ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja pegawai dalam menyeleksi calon karyawan.Dengan adanya sistem ini, maka seorang manajer sangat terbantu untuk mengambil keputusan dalam menyeleksi calon karyawan. Mempermudah menentukan calon karyawan yang ideal serta menggunakan 4 kriteria dalam melakukan proses seleksi yaitu antara lain umur, pendidikan terahir, pengalaman kerja dan yang terahir IPK

Kata Kunci : PROMETHEE, Seleksi calon karyawan, Sistem Pendukung Keputusan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daihani, D.U. (2001). Komputerisasi Pengambilan Keputusan. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Ishak, Effendi. 2005. Artikel : Peranan

Informasi Bagi Kemajuan UKM. Yogyakarta : Kedaulatan Rakyat.

Ismawan, Bambang. 2002. Ekonomi Rakyat

:Sebuah Pengantar, Seminar

Pendalaman Ekonomi Rakyat, Jakarta :

Jogiyanto, H.M. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Jogiyanto, H.M. 1999. Pengenalan Komputer. Yogyakarta, Penerbit :Andi

Kusrini.2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data.Yogyakarta : Andi Offset.

Setyono, P.H. 2007. Sistem Pendukung Keputusan Layanan. Yogyakarta : SI Ilmu Komputer FMIPA.

Sobirin, (2012). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Siswa Baru pada SMA Negeri 1 Terara dengan Metode PROMETHEE.Tugas Akhir STIMIK STIKOM Indonesia.

Suryadi, K dan Ramdhani, M.A. 1998. Sistem Pendukung Keputusan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Turban, Efraim, Aroson, Jay, Liang Peng ting. 2005. Decision Support System and Intelligent System (Versi Bahasa Indonesia), Edisi Ke-7.Yogyakarta: Andi Offset.

Whitten, Jeffery L.Bentley, Lonnie D. Dittaman, Kevin C. 2006. Metode Desain dan Analisis Sistem Edisi 6.Yogyakarta : Andi Offset.

Yuswanto. 2008. Pemrograman Dasar Microsoft Visual Basic 6.0. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Financial Club.

Yulianeu A, 2016, Sistem Berkas, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Yulianeu A, DH, 2016, Penelitian Operasional, LPPM STMIK DCI, Tasimalaya.

Yulianeu A, 2017, Aplikasi Perhitungan Stok Barang diWaserda Koprasi Unit Desa Minarasa Batukaras Dengan Menggunakan Metode Average, Jurnal Teknik Informatika 1(2).

Yulianeu A, Tohir C, 2017, Aplikasi Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa Menggunakan Metode Accrual Basic diDesa Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, Jurnal Manajemen Informatika(JUMIKA)

(2).

Yulianeu A, Durahman N, 2017, Aplikasi Instant Messaging Pada Jaringan Lokal Area Berbasis Client Server, Jurnal Teknik Informatika 3(1).


Article Metrics

Sari view : 169 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.