SISTEM PAKAR DIAGNOSA KERUSAKAN MESIN SEPEDA MOTOR MATIC HONDA KARBURATOR DENGAN METODE FORWARD CHAINING

Budi Maulana, Dadang Haryanto

Sari


Perkembangan teknologi informasi membawa banyak perubahan disegala bidang. Salah satu perubahann yang sangat penting adalah perubahan pola pelayanan publik. Dengan adanya teknologi informasi berikut segala karakteristiknya akan memberikan sebuah peluang terhadap peningkatan kualitas layanan. Namun implementasi yang kurang tepat dan tanpa perencanaan akan memberikan hasil yang kontraproduktif (tidak menguntungkan). Inti dari teknologi informasi adalah pengelolaan informasi dalam sebuah sistem. Keberhasilan dalam pengelolaan informasi merupakan kunci dari keberhasilan sebuah inplementasi teknologi informasi dalam sebuah perusahaan. Tuntutan akan kualitas perusahaan dapat dijawab dengan implementasi pengelolaan informasi yang tepat. Dalam pengelolaan sistem informasi perbaikan kendaraan bermotor roda dua yang bertransmisi automatic, saat sekarang banyak orang yang memiliki kendaraan bermotor roda dua sendiri. Tapi amat disayangkan pengetahuan seorang pengemudi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi pada kendaraan tersebut sangat minim. Sebagai contoh :kendaraan mogok atau rusak maka pemilik harus mengeluarkan biaya tidak sedikit untuk perbaikannya. Bahkan banyak hal yang kerap dilakukan oleh pemilik sepeda motor yang secara langsung atau cara penggunaan kendaraan yang keliru atau sangat berlebihan justru akan semakin mempercepat parahnya kerusakan serta penurunan kondisi sepeda motor. Oleh karena itu pemilik sepeda motor yang menginginkan kendaraan tersebut selalu dalam kondisi yang prima dan menghasilkan kerja yang maksimal, perlu senantiasa melakukan perawatan dan pemeliharaan kendaraan tersebut dengan sebaik-baiknya dan juga menjalankan kendaraannya sesuai prosedurdan dalam batas-batas kewajaran. Disamping itu pemilik sepeda motorpun sangat membutuhkan informasi tersebut agar dapat menghindari berbagai tindakan yang sesungguhnya akan merusak sepeda motor tanpa sadarinya. Oleh karena itu penulis mengangkat permasalahan ini kedalam sebuah karya ilmiah dengan judul ”Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mesin Sepeda Motor Matic Honda Karburator Dengan Metode Forward Chaining” yang dituangkan kedalam sistem pakar yang dapat memberikan informasi yang baik dan jelas bagi pemakai dan para mekanik.

Kata kunci : sistem pakar, Mesin motor Matic



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antonius Riskadewi dan Hendrik, 2005. Penerapan Sistem Pakar Forward Chaining Berbasis Aturan pada Pengawasan Status Penerbangan: Integral

Arhami, Muhammad. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar, Yogyakarta: Andi

Durkin, 2003. Perancangan Sistem Pakar, Jakarta: Ghalia Indonesia

Giarrantano dan Riley. 1994. Dalam buku Kusrini yang berjudul Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Andi Yogyakarta : Yogyakarta.

Maya. 2014. Microsoft Access 2013 untuk Perkantoran Modern, Yogyakarta: Andi

Paryudi Iman, Simarmata Janner. 2006. Basis Data, Yogyakarta: Andi

Yulianeu A, 2016, Sistem Berkas, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Jakaria DA, Yulianeu A, 2017,

Optimalisasi Hasil Perikanan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Pengguna Teknologi Tepat Guna Untuk Meningkatkan, Jurnal Mananjemen Informatika 1 (1)

www.teknisiotomotif.com 10/03/2017 09.30

www.modifikasi.co.id › Motor 10/03/2017 11.09

Bengkel HNNJ racing (Jajang) 02/01/2017 08.57

Bengkel HNNJ racing (ayi) 10/11/2016 16.35

https://id.wikipedia.org/wiki/Honda_Vario 06/03/2017 10.03

www.bukukita.com › Semua Kategori › Non-Fiksi Lainnya › Non-Fiksi Umum 09/03/2017 19.30


Article Metrics

Sari view : 188 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.