SIMULASI SMART HOME BERBASIS ARDUINO

Resi Ikhwan Nugraha, Agus Ramdhani Nugraha

Sari


Efesiensi, efektifitas menjadi topik penelitian menarik bagi banyak peneliti sekarang ini. Model teknologi banyak yang diusulkan untuk meningkatkan efektifitas bagi hidup kehidupan manusia, salah satu contohnya adalah teknologi model smart home. Model smart home yang diusulkan pada penelitian ini dikendalikan secara terpusat oleh sebuah mikrokontroler arduino Uno. Mikrokontroler mendeteksi input dari sebuat Bluetooth telepon genggam berbasis android, tanggapan mikrokontroler terhadap input Bluetooth berupa kendali terhadap lampu ruangan, dan alat-alat elektronik alainnya.

Sistem akan bekerja secara otomatis, ketika seseorang mengendalikan aplikasi yang berada di android, dan mengirimkan sebuah perintah, maka mikrokontroler arduino akan memprosesnya dan menghasilkan output perintah yang sesuai dengan si pengguna aplikasi tersebut.

Kata Kunci : Smart home, Bluetooth, Arduino, Mikrokontroler


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Irawan. 2012 Membuat Aplikasi Android Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.

Sumardi. 2013. Mikrokontroler Belajar AVR Mulai Dari Nol. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supardi, Yuniar 2012 Sistem Operasi Andal Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Syahwil, Muhammad. 2013. Panduan Mudah Simulasi Dan Praktek Mikrokontroler Arduino.

Cerdas, Gerai. Bluetooth Module HC-06. (http://www.geraicerdas.com/produk-terbaru/bluetooth-module-hc-06-detail.)diakses pada 10 Maret 2017.

Indra, Simulasi Menurut Para Ahli.http://www.indrarr.blogspot.co.id/2015/20/definisi-simulasi-menurut-para-ahli.html?m=1. 10 Maret 2017

Yulianeu A, 2016, Sistem Berkas, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.


Article Metrics

Sari view : 160 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.