APLIKASI KOPERASI DI GUGUS 24 SE-SLB KOTA TASIKMALAYA

Fajar Agung Oktavianto, Andri Sukmaindrayana

Sari


Koperasi merupakan salah satu bentuk organisasi di bidang kesejahteraan anggota, Aplikasi  simpan pinjam pada koperasi simpan pinjam di Koperasi Gugus 24 SLB Kota Tasikmalaya dinilai belum efektif dimana pencatatan data simpanan, data pinjaman dan data angsuran masih dicatat dalam pembukuan sehingga mudah rusak atau hilang serta pembuatan laporannya memakan waktu lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem yang sedang berjalan, membuat perancangan sistem, melakukan analisis dan pengujian sistem serta untuk melakukan implementasi sistem informasi simpan pinjam. Penelitian ini berguna untuk membangun Aplikasi simpan pinjam pada koperasi SLB Kota Tasikmalaya.

Dengan dibuatnya Aplikasi ini semoga dapat membantu pihak koperasi dalam melakukan pengelolaan data. Basis data yang dibuat adalah basis data pendataan anggota, simpanan, pinjaman, angsuran, dan laporan. Berdasarkan hasil kegiatan di atas disarankan kepada pihak koperasi supaya menggunakan teknologi komputer dalam melakukan kegiatan koperasi untuk keefektifan dan kecepatan dalam kegiatan.

Kata kunci : aplikasi, data, laporan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alam, M. Agus J ;” Mengolah Database Dengan Borland Delphi 7”,Pt Exel Media Komputindo,Jakarta, 2003.

Fuady & M. Kastulani, 2005. Hukum Bisnis Suatu Pengantar. Riau : Pusat Kajian Hukum LA-Qastu

G Kartasapoetra, 2007. Koperasi Indonesia.Jakarta : Rineka Cipta

Igne Martina, Ir., Seri Aplikasi Pemograman Database Menggunakan Delphi, Penerbit PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia Jakarta : 2001.

Iskandar Soesilo, 2008. Dinamika Gerakan Koperasi Indonesia. Jakarta : PT. Wahana Semesta Intermedia.

Jogiyanto, H.M.2005.Analisis dan Desain Sistem Informatika. Yogyakarta : Andi.

Subandi M.M, 2010.Ekonomi Koperasi . Bandung : CV. ALFABETA

Undang-undang Perkoperasian, UU No 17, 2012. Jakarta : sinar Grafika

Yulianeu A, 2016, Sistem Berkas, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Yulianeu A, DH, 2016, Penelitian Operasional, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Yulianeu A, 2017, Aplikasi Perhitungan Stok Barang diWaserda Koprasi Unit Desa Minarasa Batukaras Dengan Menggunakan Metode Average, Jurnal Teknik Informatika 1(2).

Yulianeu A, Tohir C, 2017, Aplikasi Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa Menggunakan Metode Accrual Basic diDesa Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.

Yulianeu A, Durahman N, 2017, Aplikasi Instant Messaging Pada Jaringan Lokal Area Berbasis Client Server, Jurnal Teknik Informatika.


Article Metrics

Sari view : 34 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.