SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT SAPI DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR

Rotama Handika, Deni Ahmad Jakaria

Sari


Perkembangan dunia medis terkini banyak menggunakan komputer untuk membantu mendiagnosis maupun pencegahan dan penanganan suatu penyakit, tidak hanya pada dunia medis manusia pada dunia medis hewan pun sudah bisa menggunakan komputer untuk mendiagnosis penyakit pada hewan, Penelitian ini bertujuan menyusun sebuah sistem pakar yang digunakan untuk diagnosis penyakit pada sapi potong, dimana pengguna bisa mendiagnosis sendiri berdasar gejala yang nampak pada sapi. Sistem pakar untuk diagnosa penyakit sapi merupakan sistem pakar yang dirancang sebagai alat bantu untuk mendiagnosa jenis penyakit sapi secara khusus. Pengetahuan ini didapat dari berbagai sumber diantaranya penelitian dan seminar yang dilakukan pakar dalam bidangnya serta buku yang berhubungan dengan penyakit sapi. Basis pengetahuan disusun sedemikian rupa ke dalam suatu database dengan beberapa tabel penyakit, tabel gejala dan tabel aturan untuk mempermudah kinerja sistem dalam penarikan kesimpulan. Penarikan kesimpulan dalam sistem pakar ini menggunakan metode certainty factor. Sistem pakar ini akan menampilkan pilihan gejala-gejala yang dapat dipilih oleh user dimana setiap gejala samapi mendapatkan hasil akhir. Pada hasil akhir sistem pakar menampilkan pilihan gejala yang diderita sapi, jenis penyakit yang diderita dan pengobatannya. Aplikasi dibuat dengan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0 dan database access sebagai media penyimpanan knowledge-base-nya. Pengujian software ini adalah dengan memasukkan beberapa gejala kemudian sejauh mana software mampu membuat kesimpulan penyakit yang mengandung gejala-gejala tersebut.

Kata kunci : Sistem Pakar, Penyakit Sapi, Diagnosa



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akoso.,B.T., Kesehatan Sapi. Panduan bagi petugas teknos, mahasiswa, penyuluh dan peternak. 1996. Kanisius Yogyakarta

Arhami,Muhamad., 2005,Konsep dasar system pakar, Andi Offset Yogyakarta.

Giarratano, J. & Riley, G. 2005. Expert Sistem: Principles and Programming, 4th Edition. PWS Publishing Company, Boston.

Jogiyanto, H.M. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informatika. Yogyakarta : Andi.

Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Penerbit Andi, Yokyakarta.

Paryudi Iman, Simarmata Janner. 2006. Basis Data, Yogyakarta: Andi

Saputra Erik. Certainy Factor (CF) Faktor Ketidakpastian. 2013. http://pintarharati.blogspot.co.id/2013/07/certainty-factor.html diakses (26-11-2016)

Tamalluddin Ferry. Penyakit Pada Sapi dan Cara Pengobatannya. 2015. http://www.ternakpertama.com/2015/09/penyakit-pada-sapi-dan-cara.html diakses (15-12-2016)

Yanti Reka. Metode Certainty Factor (Cf) Serta Proses Hitung Manual Contoh Kasus Diagnosa Penyakit Paru-Paru. 2015. http://rekayantianwar.blogspot.co.id/2015/09/metode-certainty-factor-cf-serta-proses.html diakses ( 29 -01- 2017)

Yulianeu A, 2016, Sistem Berkas, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Yulianeu A, Rahmayati NM, 2017, Sistem Pakar Penentu Makanan Pendamping Air Susu Ibu Pada Bayi Usia 6 Bulan Samapai 12 Bulan Menggunakan Metode Forward Chai, Jurnal Teknik Informatika (JUTEKIN) 3(2).


Article Metrics

Sari view : 265 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.