PERANCANGAN JARINGAN HOTSPOT SERVER BERBASIS MIKROTIK DIGEDUNG KULIAH STMIK DCI TASIKMALAYA

Rizky Agni Maulana, Sarmidi Sarmidi

Sari


Komunikasi tanpa kabel/nirkabel (wireless) telah menjadi kebutuhan dasar atau gaya hidup baru masyarakat informasi. LAN nirkabel yang lebih dikenal dengan jaringan Wi-Fi menjadi teknologi alternatif dan relatif lebih mudah untuk diimplementasikan di lingkungan kerja. Instalasi perangkat jaringan Wi-Fi lebih fleksibel karena tidak membutuhkan penghubung kabel antar komputer. Accesspoint merupakan perangkat yang biasa digunakan dalam jaringan wireless (Hotspot area) dimana user atau pengguna terhubung ke internet menggunakan media udara melalui perangkat access point. Selain itu, dengan jaringan berbasis wireless ini membuat masyarakat lebih mudah untuk mengakses internet dimanapun berada. Implementasi pemasangan jaringan ini terdiri dari pemasangan konektor RJ- 45 pada kabel UTP, melakukan konfigurasi repeater, konfigurasiAccess Point, konfigurasi Hotspot Server MikroTik. Dengan adanya jaringan wireless berbasis Hotspot di Gedung Kuliah STMIK DCI, akan mempermudah mahasiswa/i untuk mengakses internet dengan gratis. Selain itu, melakukan konfigurasi jaringan wireless tidak begitu sulit, asalkan mengikuti aturan pembuatan jaringan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cartealy, Imam. 2013. Tips & Trik Mikrotik Router OS untuk SOHO ANDIPublisher: Yogyakarta

Herlambang, Moch. Linto, Catur L, Azis. 2008. Panduan Lengkap Menguasai Router Masa Depan Menggunakan MikroTik RouterOS™ .ANDIPublisher : Yogyakarta

Tarigan, Andrian. 2009. Bikin Gateway Murah Pakai Mikrotik, Gramedia: Jakarta

TEKNOLOGI SOLUSI CITRAWEB, 2005, Mikrotik http://mikrotik.co.id/ (Tanggal akses 6 Juni 2013.)

Wikipedia,mikrotik, http://id.wikipedia.org/wiki/MikroTik. Tanggal akses 6 Juni 2013.

Yulianeu A, 2016, Sistem Berkas, LPPM STMIK DCI, Tasikmalaya.

Yulianeu A, Wahab A, 2017, Simulasi Alat Bantu Pembelajaran Topologi Jaringan Secara Visual, Jurnal Teknik Informatika (JUTEKIN) 4(1).


Article Metrics

Sari view : 142 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.